Roger Federer Dipastikan Absen dari Australian Open 2021

Senin, 28 Desember 2020 10:30 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Jack Thomas/Getty Images
Roger Federer melaju ke perempatfinal Australia Terbuka 2020. Copyright: © Jack Thomas/Getty Images
Roger Federer melaju ke perempatfinal Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM - Petenis Swiss, Roger Federer, tidak akan turun pada turnamen grand slam pembuka musim, Australian Open 2021. Federer masih dalam fase pemulihan setelah menjalani operasi lutut.

"Roger sudah memutuskan untuk tidak bermain pada Asutralian Open 2021," kata Tony Godsick, manajer Federer, kepada AP.

"Dia sudah mencatat kemajuan yang bagus dalam beberapa bulan terakhir, baik lutut maupun kebugarannya. Namun, setelah konsultasi dengan tim, dia memutuskan bahwa hal terbaik baginya adalah kembali kompetitif di turnamen setelah Australian Open," kata Godsick lagi.

Godsick juga mengatakan bahwa mereka akan mendiskusikan soal turnamen apa saja yang akan diikuti Federer pada tahun ini.

Federer merupakan pemegang enam gelar juara Australian Open. Setelah kalah dari Novak Djokovic pada semifinal Australian Open 2020, Federer tidak bisa turun di sepanjang sisa musim dan harus menjalani operasi lutut.

Federer juga harus menerima kenyataan bahwa rekor 20 gelar grand slam-nya sudah disamai oleh Rafael Nadal, yang tahun ini mencatat kemenangan ke-13 di turnamen French Open atau Roland Garros.

Nadal sudah dipastikan ambil bagian pada Australian Open 2021, dan akan bersaing dengan sang juara bertahan, Djokovic, yang juga adalah pemegang gelar terbanyak turnamen ini yaitu delapan kali.

Selain itu, Andy Murray juga akan kembali turun di turnamen yang digelar di Melbourne Park, 8-21 Februari 2021 tersebut. Sebelumnya, Murray akan membuka musim dengan turun di Delray Beach Open menggunakan fasilitas wild card.

Semua pemain yang akan bertanding pada Australian Open 2021 harus menjalani krantina selama 14 hari di Melbourne. Mereka akan menjalani tes untuk memastikan tidak sedang terjangkit Covid-19.

Mereka tetap diperbolehkan berlatih selama lima jam sehari di bio-secure buble yang sudah disiapkan panitia.

Kualifikasi turnamen ini akan dilakukan di Dohan untuk petenis putra dan Dubai untuk petenis putri, pada 10-13 Januari 2021. Mereka yang lolos akan diterbangkan dengan pesawat sewaan dan tiba di Melbourne pada 15 Januari.