Pasangan Unik, 2 Pebulutangkis Ini Dilatih oleh Istri Sendiri

Selasa, 29 Desember 2020 17:32 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© PBSI
Latihan Sony Dwi Kuncoro di dampingin sang istri Gading Safitri Copyright: © PBSI
Latihan Sony Dwi Kuncoro di dampingin sang istri Gading Safitri

INDOSPORT.COM - Di dunia olahraga, memang tak banyak terlihat pasangan suami istri merangkap menjadi pasangan pemain dan pelatih, terlebih lagi sang istri yang menjadi pelatihnya.

Namun di dunia bulutangkis, terdapat dua pasangan di mana sang istri menjadi pelatih dari sang suami. Mereka adalah Sony Dwi Kuncoro dengan Gading Safitri, serta Eric Pang dengan Yao Jie.

Eric Pang dan Yao Jie

Yao Jie merupakan pebulutangkis profesional asal China yang menikah dengan pebulutangkis asal Belanda, Eric Pang. Pada 2002 silam, Yao melakukan migrasi dari China ke Belanda dan menjadi duta bulutangkis untuk Belanda.

Kisah hubungan pelatih dan pemain keduanya pun dimulai saat Yao memilih lebih dulu pensiun di tahun 2013 dan menjadi pelatih pribadi dari Eric. Ia pun mengaku jika dirinya tidak terganggu sama sekali dengan kenyataan bahwa jarangnya ada ikatan pemain dan pelatih yang merupakan pasangan suami istri.

Eric hanya ingin terus tampil sebaik mungkin di tiap pertandingannya. Selama didampingi istrinya sendiri, Eric mengaku senang karena sang istri sangat mendukung kariernya untuk terus tampil kompetitif.

Sedikit menilik ke belakang, prestasi Yao sebenarnya lebih mentereng daripada sang suami. Wanita yang kini berusia 43 tahun tersebut sukses memenangi empat gelar Belanda Open (2003, 2008, 2009, dan 2011), serta meraih medali emas di Kejuaraan Eropa 2002. 

Di sisi lain, Yao juga memiliki akademi pelatihan bulutangkis sendiri di kampung halamannya di Wuhan, China.

IDS Emoticon Suka
Suka
67%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%