Shaafiya Yasmin: Tunggal Putri Potensial, Calon Bintang Masa Depan Indonesia

Jumat, 1 Januari 2021 14:33 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Andrew Matthews - EMPICS/PA Images via Getty Images
Melihat prestasi Shaafiya Yasmin, tunggal putri potensial jebolan PB Djarum yang menjadi calon bintang masa depan bulutangkis Indonesia. Copyright: © Andrew Matthews - EMPICS/PA Images via Getty Images
Melihat prestasi Shaafiya Yasmin, tunggal putri potensial jebolan PB Djarum yang menjadi calon bintang masa depan bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM - Melihat prestasi Shaafiya Yasmin, tunggal putri potensial jebolan PB Djarum yang menjadi calon bintang masa depan bulutangkis Indonesia.

Dilansir dari situs olahraga pbdjarum.org, Shaafiya Yasmin merupakan pebulutangkis tunggal putri yang lahir di Sleman, Yogyakarta pada 27 Maret 2008 dan menjadi salah satu atlet jebolan PB Djarum yang disegani di level usianya.

Hal itu dibuktikan oleh Shaafiya Yasmin dengan meraih dua gelar juara penting di turnamen Liga PB Djarum 2020 yang diselenggarakan dalam dua edisi yakni pada Juli dan Desember lalu.

Diketahui pada gelaran Liga PB Djarum 2020 edisi pertama, Shaafiya Yasmin berhasil meraih gelar juara tunggal putri (TUDPI-U11 + TAPI-U13). Kemudian di seri kedua Liga PB Djarum yang digelar pada Desember lalu, pebulutangkis 12 tahun itu berhasil mencapai final dan menjadi runner-up ganda putri U-13.

Walaupun usianya masih belia, tunggal putri jebolan PB Djarum itu disebut memiliki prestasi yang konsisten dimana dirinya selalu berhasil menjajaki podium juara, dimana ia menjadi lulusan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2018.

Pada tahun 2018, Shaafiya Yasmin pernah menjadi semifinalis Daihatsu Astec Jawa Barat Open 2018 (tunggal usia dini putri), lalu semifinalis Daihatsu Astec Yogyakarta Open 2018 (tunggal usia dini putri).

Tidak hanya itu, tunggal putri junior calon bintang masa depan Indonesia itu juga menjadi semifinalis Daihatsu Astec Kalimantan Selatan Open 2018 (tunggal usia dini putri).

Kemudian menjadi Runner up Daihatsu Astec Kalimantan Timur Open 2019 (tunggal anak-anak putri), daneSemifinalis DAIHATSU ASTEC Sulawesi Selatan Open 2019 (tunggal anak-anak putri).

Dengan prestasi yang cukup konsisten di level usianya itu, tak dapat dipungkiri kalau Shaafiya Yasmin memiliki potensi besar untuk menjadi bintang baru di sektor tunggal putri Indonesia yang saat ini seolah kehilangan pebulutangkis berpotensi yang bisa menjadi penantang top 10.

Walaupun usianya masih belia dan perjalanan menuju level elite dunia masih panjang. Tetapi jika Shaafiya Yasmin bisa terus mempertahankan prestasinya secara konsisten dan memiliki mentalitas yang baik, maka bukan tak mungkin dirinya akan menjadi harapan baru di tunggal putri.