Kenang Momen Juara Dunia, Duka Mendalam Hariyanto Arbi Usai Wafatnya HM Anwari

Selasa, 5 Januari 2021 02:49 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Subhan Wirawan
© Ist/Suarabaru,.id
HM Anwari, mantan pelatih PB Djarum. Copyright: © Ist/Suarabaru,.id
HM Anwari, mantan pelatih PB Djarum.

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih PB Djarum di era tahun 1970-an sekaligus pelatih Hariyanto Arbi, HM Anwari baru saja meninggal dunia di usia 71 tahun pada, Sabtu (02/01/21). HM Anwari menghembuskan nafas terakhir pada pukul 16.16 WIB saat dirawat di RS Telogorejo Semarang, Jawa Tengah.

Menurut informasi dari Yoppy Rosimin selaku Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, diketahui bahwa HM Anwari meninggal karena sakit PPOK di saluran pernafasan.

Sebagai atlet yang pernah dibina oleh HM Anwari, legenda tunggal putra yang dijuluki sebagai pemilik “smash 100 watt” tersebut mengalami duka cita yang sangat mendalam.

Kepada INDOSPORT, Arbi mengabarkan bahwa Ia dan sang kakak, Hastomo Arbi yang juga pernah dilatih oleh HM Anwari akan segera berangkat ke Kudus untuk memberikan penghormatan terakhir bagi sang pelatih.

“Ada (rencana untuk melayat ke Kudus). Rencananya pada pertengahan bulan Januari bersama Kakak (Hastomo Arbi),” ungkap Arbi kepada INDOSPORT, Senin (4/1/21).

Di akun Instagram pribadinya, @hariyanto_arbi pun mencurahkan rasa sedih dan terima kasihnya kepada guru, pelatih, atau sosok yang sudah dianggap keluarga tersebut.

“Hari ini sedih sekali dapat berita duka dari Kudus kalau pak Anwari pelatih saya sudah dipanggil Tuhan Yang Maha Esa. Waktu saya umur 18 thn, saya berlaga di All England 1990 atas biaya PB Djarum. Hanya Saya waktu itu yang berangkat di luar Tim Nasional PBSI. Saya ditemani Mas Anwari, berdua kami berangkat. Sekamar berdua. Setiap hari bersama,

"Tidak hanya sebagai pelatih, beliau seperti keluarga bagi saya dan kakak2 saya. Salah satu kakak saya, Hastomo Arbi pernah dijemput naik sepeda tiap hari untuk latihan pada waktu itu.

Beliau yang mengantarkan saya menjadi Juara Dunia Junior 1989. Segudang ilmu beliau curahkan untuk saya. Teknis bulutangkis maupun ilmu kehidupan banyak yang saya teladani dari Mas Anwari.

Selamat jalan, Mas Anwari.

Dan terima kasih saya sudah diberi banyak ilmu yg tidak akan pernah saya lupakan,” tulis Arbi pada kolom caption unggahan fotonya bersama HM Anwari semasa hidupnya.