Kisruh Tes Corona di Thailand Open, 2 Pebulutangkis India Telanjur Jadi Korban

Rabu, 13 Januari 2021 13:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Saina Nehwal dipastikan bermain di Thailand Open 2021. Shi Tang/Getty Images Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Saina Nehwal dipastikan bermain di Thailand Open 2021. Shi Tang/Getty Images

INDOSPORT.COM – Pelaksanakan tes virus corona di ajang Yonex Thailand Open 2021 terlanjur membuat dua pebulutangkis India, yakni Saina Nehwal dan HS Prannoy, menjadi korban. Kok bisa?

Ajang  Thailand Open 2021 sudah dimulai sejak hari Selasa (12/01/21) kemarin di Impact Arena, Bangkok. Meski sudah berjalan lancar, namun turnamen itu masih menyisakan polemik terkait pelaksanaan tes virus corona.

Hal ini berawal saat BWF mengumumkan hasil tes putaran ketiga pada Selasa pagi, beberapa jam sebelum turnamen dimulai. Dalam hasil itu, ditemukan bawha Saina Nehwal, HS Prannoy, dan seorang pemain Jerman positif COVID-19 dalam tes PCR.

Bukan hanya itu saja, pemain India lainnya, P Kashyap, juga terpaksa membatalkan pertandingan babak pertamanya untuk menjalani karantina di rumah sakit karena dia merupakan kontak terdekat dari Saina Nehwal.

Situasi ini membuat ketiga pemain itu batal tampil di babak pertama Thailand Open, sebelum kemudian BWF mengumumkan hasil tes terbaru pada hari yang sama bahwa mereka telah negatif Covid-19 namun positif antibody IgG dan diperbolehkan bermain di babak pertama.

Sayangnya,  pengumuman terbaru BWF ini  tidak lantas membuat kontingen India senang. Pasalnya, mereka telah dibuat kebingungan dengan kebijakan Asosiasi Bulu Tangkis Thailand dan Departemen Pengendalian Penyakit di dalam mengatasi situasi tersebut.

Pelatih timnas India, P Gopichand bahkan sempat mengeluarkan kekesalannya di saat para pemain asuhannya menunggu selama delapan jam di Bangkok demi memastikan kejelasan hasil tes.

“Para pemain tidak punya pilihan selain mengikuti aturan penyelenggara, yang paling tidak bisa dilakukan BWF sekarang adalah mengizinkan Saina (Nehwal) dan P Kashyap memainkan pertandingan mereka besok,” jelas P Gopichand dilansir dari The Indian Express.

Meski sempat menjadi korban kekisruhan tes virus corona, Saina Nehwal dan Prannoy akhirnya diijinkan bermain di babak pertama Thailand Open hari ini,  Rabu (13/01/21).

Itu berarti Saina akan menghadapi Kisona Selvaduray dalam laga yang akan dijadwal ulang. Namun, untuk Kashyap masih harus menunggu hasil tes berikutnya.

Sebelumnya, Kashyap Parupalli juga diminta melakukan karantina mandiri karena berbagi kamar dengan Saina.

Kashyap sedianya akan menghadapi Jason Anthony Ho-Shue (Kanada) pada hari pertama. Adapun HS Prannoy dijadwalkan bertanding melawan tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%