Pebulutangkis India Untungkan 2 Tunggal Putra Indonesia di WTF, Kok Bisa?

Rabu, 20 Januari 2021 11:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© badmintonindonesia.org
Pebulutangkias Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie. Copyright: © badmintonindonesia.org
Pebulutangkias Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie.

INDOSPORT.COM -  Pebulutangkis India, Kidambi Srikanth, memastikan mundur dari Toyota Thailand Open 2021. Hal ini rupanya membuat peluang dua ganda putra Indonesia menuju World Tour Finals makin besar.

Kidambi Srikanth dinyatakan resmi withdrawn atau menarik diri dari Toyota Thailand Open 2021, setelah dia diduga kontak dengan rekan sekamarnya, HS Prannoy, yang positif virus corona.

Dilansir dari situs resmi BWF, Srikanth tetap harus menjalani karantina mandiri yang ketat, meskipun hasil tesnya negatif dalam tes PCR wajib, untuk mengantisipasi dia terpapar virus dan tanpa disadari menularkannya ke peserta lain.

Akibatnya, Kidambi Srikanth harus merelakan tiket ke babak dua turnamen, yang berhasil dia raih usai mengalahkan wakil Thailand, Sitthikom Thammasin secara straight game, 21-11 21-11 di babak sebelumnya, Selasa (19/01/21) kemarin.

Dengan mundurnya Srikanth dari babak dua, maka calon lawannya dari Denmark, Anders Antonsen, dipastikan melaju ke babak perempat final Thailand Open 2021 tanpa keluar setetes pun keringat. 

Meskipun sangat disayangkan, namun keluarnya pemain berperingkat 14 dunia itu bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi dua wakil tunggal putra Indonesia, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Hal ini  bisa dilihat dari situasi Srikanth saat ini.  Menjalani turnamen Asian Leg, Srikanth sudah  menduduki posisi tujuh dalam rangking WTF. Namun karantina ketat selama 14 harus tidak hanya menariknya dari Thailand Open namun juga ajang WTF pekan depan.

Dengan begitu, Anthony Ginting, yang berperingkat 11 WTF dan Jonatan (13) diyakini punya peluang besar untuk menembus BWF World Tour Finals pekan depan.

Seperti diketahui, World Tour Finals hanya meloloskan delapan pemain terbaik di masing-masing sektor.  Dengan mundurnya Srikanth dari WTF, maka tiga hingga empat pemain di belakangnya punya peluang besar menembus delapan besar.

Namun itu tidak menjadi jaminan Anthony Ginting dan Jonatan langsung lolos ke World Tour Finals. Mereka harus bisa meraih hasil terbaik, setidaknya sampai ke final Toyota Thailand Open untuk melihat kualifikasi mereka ke  WTF.

Dari pemaparan Twitter akun @BadmintonTalk, Jonatan Christie bisa lolos ke BWF World Tour Finals jika bisa mencapai babak perempatfinal Toyota Thailand Open 2021. Tetapi, jika tidak bisa mencapai babak itu maka Jojo tidak akan bisa lolos.

Sementara itu, untuk Anthony Ginting, bisa lolos ke BWF World Tour Finals 2021, maka jika dan hanya jika beberapa keadaan ini terjadi di Toyota Thailand Open 2021, seperti dilansir dari Twitter akun @BadmintonTalk:

Anthony Ginting jadi juara tapi Ng Ka Long kalah di putaran pertama Thailand Open 2021 edisi kedua. Anthony Ginting memenangkan 4 pertandingan lebih banyak dari Wang Tzu Wei.

Lebih dari itu, kondisi Srikanth belum dipastikan apakah negatif atau tidak. Bila dalam tes selanjutnya pada pekan ini dia dinyatakan negatif, bukan tidak mungkin dia akan tetap tampil di WTF.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
13%
IDS Emoticon Marah
Marah
38%