Ini Dia Pasangan Malaysia Didikan Paulus Firman yang Pastikan Ganda Campuran Indonesia Habis

Jumat, 22 Januari 2021 17:54 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Badminton Photo
Pasangan ganda campuran Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See. Copyright: © Badminton Photo
Pasangan ganda campuran Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See.

INDOSPORT.COM - Di persaingan papan atas dunia, nama pasangan ganda campuran Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See, memang belum terlalu populer. Apalagi jika dibandingkan dengan senior mereka, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Namun, hari ini, Jumat (22/1/2021), pasagan ini sukses memastikan diri menjadi satu-satunya wakil ganda campuran Malaysia yang lolos ke babak semifinal Toyota Thailand Open.

Secara prestasi, ini merupakan pencapain terbaik dari Hoo/Cheah sejauh ini. Prestasi ini didapatkan setelah mereka menumbangkan wakil terakhir Indonesia di nomor ini, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Kalah pada gim pertama, mereka bangkit dan unggul pada dua gim berikutnya. Mereka menang 12-21, 21-19, 21-19 dalam 1 jam 8 menit.

Fakta lain tentang pasangan ini adalah keberadaan pelatih asal Indonesia, Paulus Firman, yang membimbing mereka berlatih sejak Juni 2020.

"Selama ini mereka biasa main di turnamen level bawah, seperti Super 300. Saya berpikir untuk menaikkan standar mereka dulu. Ini prestasi terbaik mereka sejauh ini," kata Paulus Firman kepada INDOSPORT.

Meski berhasil melangkah ke babak semifinal, Paulus melihat masih banyak yang harus dipoles dari permainan Hoo/Cheah.

"Mereka belum konsisten. Masih banyak yang harus mereka tingkatkan, terutama soal mental. Penguasaan diri mereka saat di lapangan juga belum konsisten," ujar Paulus.

Paulus lalu menyebut salah satu kunci keberhasilan anak didiknya mengalahkan Hafiz/Gloria adalah status sebagai pemain yang rankingnya lebih rendah, sehingga bermain nothing to lose.

"Setelah gim pertama, saya minta mereka untuk mencoba mendapatkan feeling dulu. Mainnya normal saja. Pas gim kedua poinnya jadi nempel terus, dan anak-anak bisa main lepas. Dengan begitu lawan yang jadinya berada di bawah tekanan dan banyak melakukan kesalahan sendiri," ujar dia lagi.

Pada babak semifinal, Hoo/Cheah akan bertemu wakil Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yujung, yang merupakan unggulan keempat. Seperti saat menghadapi Hafiz/Gloria, Paulus berharap anak buarnya akan bermain nothing to lose dan berani.

Semifinal lainnya akan mempertamukan unggulan pertama asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, dengan Sakwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa (India).

© Chinapress.com
Hoo Pang Ron/Cheah Yee See. Copyright: Chinapress.comHoo Pang Ron/Cheah Yee See.

Hoo Pang Ron/Cheah Yee See merupakan satu dari empat pasangan ganda campuran Malaysia yang turun di turnamen Toyota Thailand Open. Satu pasangan merupakan pemain profesional, yaitu Chan Peng Son/Goh LIu Ying.

Selain Hoo/Cheah, pasangan nasional yang dibawa Paulus Firman ke Thailand adalah Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, yang masing-masing terhenti pada babak kedua dan pertama.

"Tentu saja saya berharap dua pasangan yang senior bisa meraih hasil lebih bagus. Tetapi, mereka justru kalah lebih dulu. Persiapan Hoo/Cheah secara keseluruhan memang lebih bagus dibanding dua senior mereka," kata Paulus Firman.