Anthony Ginting Lolos ke BWF World Tour Finals 2020, Fajar Alfian Langsung Julid

Sabtu, 23 Januari 2021 11:21 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© Badminton Photo
Fajar Alfian, pebulutangkis ganda putra Indonesia. Copyright: © Badminton Photo
Fajar Alfian, pebulutangkis ganda putra Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian memberikan komentar julid usai Anthony Sinisuka Ginting berhasil lolos ke turnamen BWF World Tour Finals (WTF) 2020.

Anthony Ginting berhasil mengamankan satu slot menuju turnamen WTF 2020 usai wakil Denmark HK-Vittinghus ‘membantunya’ dengan mengalahkan pebulutangkis Hong Kong Lee Cheuk Yiu di perempat final Thailand Open 2021, Jumat (22/01/21).

Sejatinya nasib Anthony Ginting sebelumnya tengah terancam dan tak bisa lolos ke WTF 2020 karena telah tersingkir di babak kedua Thailand Open 2021, diketahui baru bisa lolos jika memenuhi empat syarat.

Namun empat syarat lolosnya Anthony Ginting ke WTF 2020 akhirnya berhasil dilengkapi oleh HK-Vittinghus yang sukses mengalahkan Lee Cheuk Yiu dalam pertandingan rubber game yang berlangsung selama 77 menit dengan skor akhir 20-22, 21-12, 21-19.

Berkat kemenangan dari HK-Vittinghus, Anthony Ginting pun menjadi wakil Indonesia kelima yang mengunci tiket terakhir untuk tampil di BWF World Tour Finals pada 27-31 Januari 2021 di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Lolosnya Anthony Ginting pun membuat rekan senegaranya yakni Fajar Alfian memberikan komentar julid di InstaStory akun Instagram pribadinya, sebelum akhirnya dihapus.

“Ting, congrats, yang berjuang orang lain Ting. Dibayar lunas yakan di zolomi (dzolimi),” kata Fajar Alfian sambil bercanda.

Komentar julid yang dilontarkan oleh Fajar Alfian nampaknya mengacu pada kontroversi saat raket HK-Vittinghus dianggap mengenai net sebelum memberikan smes kepada Lee Cheuk Yiu di game ketiga. Namun umpire tetap mengesahkan pukulan tersebut yang dianggap masuk.

Hal ini pun membuat Lee Cheuk Yiu mengajukan protes dan umpire tetap mengesahkan poin tersebut, hingga ia merasa kesal dan membanting raketnya. Pertandingan dilanjutkan dengan kemenangan wakil Denmark di game ketiga sekaligus membantu lolosnya Anthony Ginting ke WTF 2020.

Momen kontroversi tersebut membuat netizen mengatakan bahwa Lee Cheuk Yiu mendapatkan karma di Twitter, lantaran kejadian yang dialaminya juga pernah ia lakukan saat berhadapan dengan Anthony Ginting di babak final Hong Kong Open 2019.

Sekadar informasi, selain Anthony Ginting tunggal putra lainnya yang berhak melaju ke WTF 2020 ialah Chou Tien-chen dan Wang Tzu-wei (Taiwan), Ng Ka Long Angus (Hongkong), Srikanth Kidambi (India), Lee Zii Jia (Malaysia), Viktor Axelsen dan Anders Antonsen (Denmark).