Ahsan/Hendra dan Greysia/Apriyani Paling Berpeluang Lolos ke Semifinal World Tour Finals

Kamis, 28 Januari 2021 05:57 WIB
Editor: Joko Sedayu
© Shi Tang/Getty Images
Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ketika melawan Wang Chi-Lin/Lee Yang di Toyota Thailand Open 2021. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ketika melawan Wang Chi-Lin/Lee Yang di Toyota Thailand Open 2021.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu menorehkan kemenangan pada laga perdana fase grup BWF World Tour Finals 2020.

Awal mulus Ahsan/Hendra dicatat usai menaklukan pasangan Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov. The Daddies harus berjuang keras untuk mencatat kemenangan 21-18, 15-21, 21-17.

Sedangkan Greysia/Apriyani menumbangkan musuh bebuyutannya Lee So-hee/Shin Seung-chan dengan skor sangat ketat 21-17, 22-24, 21-15.

Kemenangan pada partai pertama jelas mengobarkan semangat bertanding Ahsan/Hendra dan Greysia/Apriyani untuk melakoni match selanjutnya pada BWF World Tour Finals di Thailand.

Dan hari ini, Kamis (28/01/21), pasangan Ahsan/Hendra dan Greysia/Apriyani bisa mengunci 1 tiket ke babak semifinal jika sukses meraih kemenangan pada pertandingan kedua. Juga serta tergantung dari hasil pertandingan lainnya.

Untuk The Daddies, mereka bisa lolos ke babak semifinal jika mampu menaklukan duet Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae pada laga kedua. Namun dengan harapan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik juga menang atas Ivanov/Sozonov.

Artinya, Ahsan/Hendra dan Aaron/Soh akan sama-sama mengoleksi poin 2, sedangkan Choi/Seo dan Ivanov/Sozonov tidak memiliki poin alias 0.

Dengan kata lain, apapun hasil pada pertandingan ketiga nanti, posisi 2 teratas akan tetap menjadi milik Ahsan/Hendra dan Aaron/Soh, sehingga mereka berhak lolos ke semifinal.

Begitu pula dengan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Juara Yonex Thailand Open kemarin itu bisa lolos ke semifinal jika mereka dan pasangan Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, sama-sama meraih kemenangan.

Greysia/Apriyani akan melawan wakil Malaysia lainnya Vivian Hoo Kah Mun/Yap Cheng Wen. Sementara Chow/Lee akan bertemu pasangan Korsel, Lee So-hee/Shin Seung-chan.

Jika skema itu terjadi, maka Greysia/Apriyani dan Chow/Lee akan sama-sama mengoleksi poin 2, sedangkan Vivian/Yap dan Lee/Shin tidak memiliki poin alias 0.

Alhasil, pada pertandingan pamungkas nanti antara Greysia/Apriyani vs Chow/Lee hanya akan menentukan posisi juara Grup A di sektor ganda putri. Karena mereka berdua sudah pasti lolos apapun hasil pada laga lainnya.

Namun, dalam dunia olahraga apapun bisa terjadi. Jika Ahsan/Hendra dan Greysia/Apriyani lengah, bukan tidak mungkin justru mereka akan pulang lebih awal dari BWF World Tour Finals 2020.