Lee Yang/Wang Chi-Lin, Tiga Gelar dalam Tiga Pekan di Thailand!

Minggu, 31 Januari 2021 18:45 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Shi Tang/Getty Images
Pasangan anda putra asal Thaiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pasangan anda putra asal Thaiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

INDOSPORT.COM - Sempurna adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kehebatan pasangan ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Mereka menjuarai tiga turnamen yang digelar dalam tiga pekan beruntun di Thailand.

Setelah menjuarai turnamen Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open, Lee/Wang menjuarai BWF World Tour Finals 2020 yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Pada partai final yang digelar Minggu (31/1/2021), Lee/Wang mengalahkan pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dalam laga dua gim langsung, 21-17, 23-21.

"Tiga gelar adalah luar biasa. Ini benar-benar luar biasa dan kami akan terus meningkatkan kemampuan," kata Lee Yang setelah pertandingan, dalam rilis yang dikeluarkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Laga final ini merupakan pertemuan kedua Lee/Wang dan Ahsan/Hendra selama Asian Leg di Thailand. Pada babak semifinal Toyota Thailand Open, Sabtu (23/1/2021), Lee/Wang menang dalam pertarungan tiga gim.

Dua kemenagan atas sang idola dalam dua pekan secara beruntun membuat Lee/Wang makin percaya diri. Kemenangan-kemenangan ini jadi bekal mereka untuk menghadapi turnamen-turnamen berikutnya.

"Ini sesuatu yang penting. Ini membuat kami percaya diri. Kami lelah (saat pertandingan), tetapi karena kami masih muda, jadi kami memakai semangat juang kami di lapangan," kata Wang Chi-Lin.

Pada dua turnamen Thailand Open yang digelar pada 12-17 Januari dan 19-24 Januari 2021, Lee/Wang total menjalani 10 laga tanpa kekalahan.

© Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putra asal Thaiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Copyright: Shi Tang/Getty ImagesPasangan ganda putra asal Thaiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Mereka lalu menjadi pemain pertama yang lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals setelah meraih dua kemenangan dari tiga laga babak penyisihan grup. Meski sudah memegang tiket ke semifinal, Lee/Yang tetap bermain maksimal pada laga ketiga babak penyisihan grup dan meraih kemenangan.

Mereka justru tidak tampil maksimal saat turun pada babak semifnal menghadapi Ben Lane/Sean Vandy (Inggris), Sabtu (30/1/2021). Namun, mereka bisa melewati babak ini dengan meraih kemenangan 22-20, 21-17.

Sampai ke babak final, mereka bertemu sang idola, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sempat tegang di awal, pada akhirnya mereka bisa menguasai pertandingan dan memastikan gelar juara.

Hasil final ini membuat Lee/Wang menjadi pemain ganda putra Taiwan pertama yang bisa menjuarai BWF Superseries/World Tour Finals. Sebelum ini, gelar juara untuk Taiwan dipersambahkan pemain tunggal putri mereka, Tai Tzu Ying.

Total 15 pertandingan dimenangi Lee Yang/Wang Chi-Ln selama satu bulan berada di Thailand. Mereka juga sudah berhasil menembus peringkat ketiga ranking dunia. Lee Yang/Wang Chi-Lin kini siap menjadi ancaman bagi semua ganda putra di dunia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%