Gara-gara ini, Jonathan Christie Resmi Dicoret dari Skuat Indonesia di Swiss Open 2021

Jumat, 5 Februari 2021 18:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Indonesia, Jonatan Christie. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis Indonesia, Jonatan Christie.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie resmi mundur dari skuat Indonesia yang akan tampil di Swiss Open lantaran dianggap kurang bagus  performanya.

Sebelumnya, Jonatan Christie masih termasuk dalam daftar pebulutangkis tunggal putra yang akan dikirim PBSI untuk bertanding di turnamen Swiss Open 2021 pada 2-7 Maret mendatang di Basel.

Namun, kabar terbaru dari PBSI yang diterima oleh INDOSPORT pada Jumat (05/02/21) menyebutkan bahwa Jonatan  Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Putri Kusuma Wardani, ditarik dari Swiss Open maupun German Open.

Dijelaskan oleh Riony Mainaky, selaku, Kabid Binpres PP PBSI, ketiga pemain ini ditarik dari dua turnamen level Super 300 dengan alasan yang berbeda. Khususnya Jonatan,  dia ditarik karena turunnya performa setelah gagal di Asian Leg, Januari lalu.

Pada Yonex Thailand Terbuka dan Toyota Thailand Terbuka tersebut, penampilan peraih medali emas pada Asian Games 2018 ini tidak maksimal. Di Yonex Thailand Terbuka, langkah Jojo terhenti di babak perempat final. Sedangkan di Toyota Thailand Terbuka, terganjal di babak pertama.

“Kemarin melihat penampilan Jojo (sapaan akrab Jonatan) di dua turnamen Thailand Open kurang maksimal, performance-nya kurang baik,” ujar Riony Mainaky.

“Saya juga sudah konfirmasi dengan Ko Hendry, pelatihnya, lebih baik dia berlatih dulu untuk perbaiki performa untuk mengikuti kejuaraan selanjutnya. Setelah dia siap, baru dikirim kembali,” jelas Riony.

Sementara itu, alasan Chico dan Putri ditarik dari Swiss Open dikarenakan daftar tunggu pemain pada dua turnamen di Eropa tersebut. Kedua pemain ini posisinya terlalu jauh untuk mendapat kesempatan bertanding.

“Untuk Putri KW dan Chico itu daftar tunggunya terlalu jauh. Chico berada pada urutan 17, sementara Putri KW urutan 40-an,” lanjut Riony.

Ditariknya ketiga pemain ini, menurut  Riony, bisa menjadi kesempatan untuk berlatih lebih lama di Pelatnas, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri menuju turnamen berikutnya dengan kondisi yang lebih baik.

Dengan mundurnya Jonatan dan Chico,  tunggal putra Indonesia akan mengandalkan Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito untuk turnamen Swiss Open nanti.

Sementara, di sektor tunggal putri, juga masih mengandalkan Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, yang tampil cukup baik selama di Bangkok bulan lalu.