BWF Takjub, Chou Tien Chen 'Kawinkan' Bulutangkis dengan Pilates dan Belly Dance

Senin, 8 Februari 2021 13:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen berhasil menjadi juara sektor tungga putra Indonesia Open 2019 usai mengalahkan tunggal Denmark di babak final dengan skor 21-18, 24-26 dan 21-15 di Istora Senayan, Minggu (21/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen berhasil menjadi juara sektor tungga putra Indonesia Open 2019 usai mengalahkan tunggal Denmark di babak final dengan skor 21-18, 24-26 dan 21-15 di Istora Senayan, Minggu (21/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM –  Pebulutangkis asal Chinese Taipei, Chou Tien Chen, membuat BWF takjub dengan metode latihan yang dia lakukan. Pilates dan belly dance rupanya jadi menu wajib setiap sesi latihan.

Berstatus sebagai pebulutangkis nomor dua dunia, tidak ada yang menyangka bahwa Chou Tien Chen melangkah sejauh ini tanpa bimbingan pelatih utama.

Sejak resmi keluar dari pelatnas Chinese Taipei dua tahun lalu, Chou Tien Chen memilih hanya bekerja bersama seorang pelatih fisioterapis bernama Victoria Kao.

Di bawah arahan Victoria Kao inilah, Chou Tien Chen menjalani sesi latihan tak biasa. Tidak hanya latihan memperkuat fisik, sang pelatih juga menyarankan Chou Tien Chen berlatih pilates dan belly dance untuk melatih koordinasi tubuh.

“Saya pikir ada banyak gerakan yang mirip dengan bulutangkis,” kata Chou Tien Chen saat diwawancarai Olympic Channel soal metode latihannya itu.

“Saya pikir ada banyak kontrol tubuh dan latihan kaki yang sama (antara pilates, belly dance, dan bulutangkis),” jelas pemain berusia 32 tahun ini.

Mengawinkan pilates, belly dance, dan bulutangkis yang diterapkan Chou Tien Chen ini rupanya membuat BWF terkesan.

Melalui akun resmi Instagram-nya, asosiasi bulutangkis tertinggi di dunia itu sampai membuat video slow motion yang menyoroti setiap pergerakan lihai Chou Tien Chen kala bertanding. 

Setelah mantap jadi pemain independen, prestasi Chou Tien Chen kian berkembang, Dia mencapai enam final sepanjang 2009 dan musim 2020 yang singkat. Selain itu, dia juga tampil di sejumlah semifinal, termasuk dua di Thailand Open dan BWF World Tour Finals Januari lalu.

Dengan menjalani latihan tanpa pelatih, Chou Tien Chen mengaku lebih fokus untuk mengatur gaya latihannya sendiri. Dia pun bebas memutuskan harus bagaimana dia di setiap pertandingan.

“Saya bisa memperkuat pikiran saya sendiri,” jelas Chou Tien Chen.

“Kadang-kadang seorang pelatih mungkin memberi saya sesuatu untuk disesuaikan, tetapi itu tidak sama dengan saya (jika saya tidak setuju), sulit untuk dilihat atau dikendalikan.”

Kini fokus Chou Tien Chen adalah tampil di Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada musim panas tahun ini, 24 Juli sampai dengan 8 Agustus 2021.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%