WTF 2020: Detik-detik Smash Backhand Axelsen yang Bikin Chou Tien Chen Tersungkur

Minggu, 31 Januari 2021 13:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

INDOSPORT.COM – Pukulan smash backhand Viktor Axelsen di semifinal World Tour Finals 2020 berhasil membuat lawannya Chou Tien Chen jatuh tersungkur. Berikut ini detik-detiknya.

Pertarungan antara Viktor Axelsen vs Chou Tien Chen pada babak semifinal WTF kemarin memang berlangsung  sengit. Keduanya sama-sama tak mau mengendurkan serangan demi bisa meraih poin demi poin.

Satu penampilan terbaik Axelsen di pertandingan itu adalah saat dirinya melakukan pukulan smash backhand. Aksinya ini bahkan mendapatkan apresiasi dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF)

BWF melalui akun Twitter-nya mengunggah cuplikan video ketika Axelsen menyerang Chou bertubi-tubi dan mengakhirinya dengan sebuah pukulan memutarke belakang.

Pukulan itu membuat Axelsen melakukan backhand dengan kekuatan penuh. Kok yang dipukul Axelsen menyebrang ke bidang lawan, yang rupanya sulit dikembalikan oleh Chou.

Tampak, Chou dari arah bersebrangan berusaha mengejar kok, meski ujung-ujungnya gagal hingga membuat tubuhnya mendarat ke lantai dengan kerasnya.

Komentator ternama dari BWF, Gill Carlk, bahkan sampai berseru, “Smash menyebrang lapangan dengan backhand dengan putaran penuh.”

Menghadapi permainan Axelsen yang berapi-api, tak heran bila Chou Tien Chen tak mampu bertahan. Axelsen pada akhirnya mampu menang secara straight game dengan skor 21-16, 21-9.

Kemenangan ini membawa Axelsen melaju ke final BWF World Tour Finals untuk kali ketiga sepanjang Leg Asia.Axelsen bakal menghadapi rekan senegaranya, Anders Antonsen, yang mengalahkan Wang Tzu Wei (Chinese Taipei) pada babak yang sama.

Apabila Axelsen mampu menundukkan Antonsen di final nanti, maka dia akan meraih gelar superseries keempat secara beruntun, setelah sebelumnya dia sukses menggenggam tiga gelar All England, Yonex Thailand Open dan Toyota Thailan Open.

Lebih dari itu, pertemuan Axelsen vs Antonsen ini menegaskan dominasi tunggal putra di Leg Asia. Sebab, akhir pekan lalu Axelsen mengalahkan kompatriotnya yang lain, Hans-Kristian Solberg Vittinghus, pada final Thailand Open II.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%