Praveen/Melati Out, PBSI Punya Target Khusus Turunkan Hafiz/Gloria di Swiss Open

Rabu, 10 Februari 2021 17:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis Indonesia (PBSI) menekankan target khusus yang harus dicapai ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja selama di Swiss Open 2021.

Dengan ditariknya Praveen/Jordan dari skuat Swiss Open, Indonesia bakal mengandalkan tiga ganda campuran yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari untuk bisa meraih gelar dari sektor ganda campuran.

Khususnya Hafiz/Gloria, PBSI berharap mereka bisa mencapai hasil maksimal di turnamen yang digelar pada 2-7 Maret di Basel tersebut. Sebab, turnamen ini merupakan kejuaraan untuk kualifikasi Olimpiade.

“Hafiz/Gloria kita push dari Swiss karena mereka harus mengejar poin untuk lolos ke Olimpiade,” kata Nova Widianto, asisten pelatih ganda campuran, dilansir dari laman resmi PBSI, Rabu (10/02/21).

Di dalam mencapai target tersebut, PBSI pun berusaha memperbaiki beberapa kekurangan yang dimiliki pasangan berperingkat tujuh dunia tersebut. Di antaranya, adanya penurunan fisik dan daya tahan.

“Kekurangannya pertama, dari Hafiz yang sempat nge-drop fisik dan daya tahannya karena waktu itu sempat kepotong dia menikah. Ini ada waktu tiga minggu untuk meningkatkan lagi. Sementara dari sisi Gloria di kecepatan dan powernya harus ditambah,” jelas Nova.

Nova melanjutkan bahwa Hafiz/Gloria memiliki pola permainan yang berbeda dengan Praveen/Melati, di mana mereka lebih membutuhkan fisik yang ekstra.

“Mereka harus paham itu. Jadi di waktu latihan yang singkat ini mereka harus bisa menutupi kekurangan itu. Yang kemarin saya lihat memang bermasalah di sana, kalau secara pola dan daya juang sebenarnya tidak terlalu buruk,” tukas Nova.

Selain Praveen/Melati, Indonesia juga menarik keikutsertaan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan ganda putri Greysia  Polii/Apriyani Rahayu dari turnamen tersebut.

Absennya 3 wakil ini sejatinya tidak mempengaruhi mereka untuk merebut tiket mengikuti Olimpiade Tokyo, Juli mendatang. Bisa disebut, tiket ke pesta olahraga paling akbar sejagat tersebut, telah diamankan oleh ketiga wakil Skuad Merah-Putih.

Selanjutnya, ketiga wakil ini lebih dipersiapkan untuk meraih prestasi maksimal pada kejuaraan All England yang akan digelar pada 17-21 Maret di Birmingham, Inggris.

Sementara itu, Hafiz Faizal/Gloria E. Widjaja akan melakoni babak pertama Swiss Open dengan menghadapi musuh lama mereka asal India yakni Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa. 

Sejauh ini Hafiz/Gloria sudah bertemu dua kali di kompetisi bulutangkis internasional yakni Hong Kong Open 2017 dan Thailand Open 2021. Pada dua kompetisi itu, baik Hafiz/Gloria dan wakil India sama-sama saling mengalahkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%