Termasuk Leo/Marthin, BWF Ulas Siapa Saja Unggulan di Swiss Open 2021

Rabu, 10 Februari 2021 18:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) baru-baru ini mengulasi pemain yang bakal diunggulkan di ajang Swiss Open. Salah satunya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Seperti diketahui, PBSI pada hari Selasa (09/02/21) mengumumkan bahwa tiga pemain andalan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva, ditarik dari skuat Merah-Putih yang akan turun di Swiss Open.

Ketiga wakil ini menyusul dua andalan lainnya yang lebih dulu dinyatakan absen, yakni Jonatan Christie. Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Mundurnya sejumlah wakil Indonesia tersebut mengurangi jatah pemain yang bakal diunggulan para turnamen yang bakal berlangsung di Basel, Swiss, pada 2-7 Maret 2021 mendatang. Terlebih, tidak akan ada satu pun wakil dari China dan Jepang, raksasa badminton dunia, yang akan turun di turnamen ini.

Namun, BWF sendiri memastikan bahwa masih ada sejumlah pemain yang bakal memberikan kejutan di turnamen pembuka musim 2021 tersebut. Misalnya, persaingan antara Carolina Marin dan Pusarla V  Sindhu.

Dalam laman resminya, BWF mengklaim bahwa Swiss Open ini akan menjadi ajang perebutan gelar dua tunggal putri kelas kakap, yakni Carolina Marin dan P Sindhu. Keduanya menjadi unggulan pertama dan kedua.

Selain itu, Pornpawee Chochuwong (Thailand) yang yang tampil mengejutkan saat BWF World Tour Finals. Mia Blichfeldt dan Kirsty Gilmour juga tak boleh diremehkan meski mereka bukan pemain unggulan.

Indonesia sendiri menurunkan Gregoria Mariska dan Ruselli Hartawan di sektor ini. Namun, BWF hanya menyebutkan bahwa Gregoria yang diharakan tampil usai meski terlempar di luar 20 besar rangking dunia.

BWF juga mengulas kekuatan sejumlan pemain tunggal putra dari Asia, khususnya dari India dan Malaysia. India punya skuat yang kuat mulai dari Kidambi Srikanth, Sameer Verma, HS Prannoy, dan Sai Praneeth.

Sementara untuk Malaysia, BWF juga menyebut tunggal putra Lee ZIi Jia berharap bisa menebus kesalahannya usai tampil mengecewakan di Bangkok selama Asian Leg.

Di sektor ganda putra sendiri, BWF dengan absennya Kevin/Marcus dan Hasan/Hendra, BWF menjagokan juara dunia junior dari Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin untuk bersaing dengan unggulan teratas  Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia.

Mereka juga akan bersaing dengan sejumlah pasangan, seperti Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Marcus Ellis/Chris Langridge, Joel Eipe/Rasmus Kjaer, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dan Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Di sektor ganda putri, BWF menjagokan pasangan Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, sebagai unggulan kedua. Belum lagi bintang muda Negeri Jiran, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan, juga diharapkan memberi kejutan.

Sementara di ganda campuran, Indonesia sejatinya mengandalkan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sayangnya, BWF tidak menganggap mereka sebagai pesaing berat. Malahan, BWF menekankan ancaman sejumlah pemain Malaysia, seperti Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Terakhir, BWF tidak melupakan ganda campuran dari Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue, yang tampil mengesankan selama Asian Leg, dengan mencapai dua semifinal.