Harus Ikhlas, Cepat atau Lambat Roger Federer Akan Pensiun

Jumat, 12 Februari 2021 14:30 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM - Australian Open 2021 digelar tanpa kehadiran salah satu pemain terbaik dunia, Roger Federer. Petenis Swiss tersebut absen karena masih dalam pemulihan cedera lutut.

Pemilik 20 gelar Grand Slam tersebut sudah absen dari turnamen selama lebih dari satu tahun. Terakhir bertanding dia terhenti pada babak semifinal Australian Open 2020, setelah kalah dari Novak Djokovic yang akhirnya jadi juara.

Pada 8 Agustus 2021, Roger Federer akan genap berusia 40 tahun. Luar biasa bahwa dia masih bisa berkompetisi di usia yang tidak muda, dan tetap mampu bersaing dengan petenis yang usianya setengah dari umurnya.

Mantan petenis asal Spanyol, Alex Corretja, menyoroti hal ini dan menyatakan bahwa tak lama lagi Federer akan pensiun dari tenis. Bukan hanya Federer, tetapi juga beberapa pemain yang memang sudah tidak muda.

"Kehilangan pemain seperti mereka, yang punya peran penting di dunia olahraga secara umum, pasti kalian akan merindukan mereka," kata Corretja dalam wawancara dengan Express Sport.

"Sekarang waktunya untuk mulai menyadari bahwa cepat atau lambat mereka tidak akan ada lagi dan kita akan merindukan keberadaan mereka," ujar Corretja lagi.

© Matthew Stockman/Getty Images
Dominic Thiem juara AS Terbuka 2020. Copyright: Matthew Stockman/Getty ImagesDominic Thiem juara AS Terbuka 2020.

Absennya Federer dari Australian Open 2021 otomatis juga menjadi keuntungan bagi para pesaing.

"Satu lawan yang sangat kuat berkurang, jadi seharusnya semua senang!" kata Dominic Thiem, salah satu calon kuat juara yang tahun lalu meraih gelar Grand Slam perdana di US Open.

Thiem juga mengaku senang bahwa dia dan petenis lain di generasinya masih bisa merasakan bertanding melawan Federer dan petenis hebat lainnya. Namun, Thiem juga menyadari bahwa keberadaan para senior ini ikut menghambat jalan mereka untuk meraih banyak gelar.

Federer melakukan debut turnamen Grand Slam pada 1999. Dia menjadi pemegang gelar terbanyak, yaitu 20. Namun, dia bukanlah pemain dengan rekor ikut turanmen Grand Slam terbanyak secara beruntun.

Rekor tersebut dipegang Feliciano Lopez (Spanyol) yang kini berusia 39 tahun, sama dengan Federer. Australian Open 2021 merupakan turnamen Grand Slam ke-75 yang dia ikuti secara beruntun.

Lopez melakukan debut Grand Slam pada 2001. Namun, dia absen pada Australian Open 2002. Lopez turun lagi pada French Open 2002 dan berlanjut hingga Australian Open 2021.