Kejutan Besar! Sang Juara Bertahan Australian Open Tumbang di Tangan Petenis 35 Tahun

Kamis, 11 Februari 2021 17:45 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Jason Heidrich/Icon Sportswire via Getty Images
Petenis Estonia, Kaia Kanepi. Copyright: © Jason Heidrich/Icon Sportswire via Getty Images
Petenis Estonia, Kaia Kanepi.

INDOSPORT.COM - Usia bukanlah halangan untuk membuat kejutan. Hal ini dibuktikan oleh petenis Estonia, Kaia Kanepi, dengan mengalahkan juara bertahan Sofia Kenin (Amerika Serikat), pada babak kedua Australian Open 2021.

Kedua petenis ini bertemu di Margaret Court Arena, Melbourne Park, Kamis (11/2/2021). Bertanding dalam 64 menit, Kanepi resmi membuyarkan mimpi Kenin untuk mempertahankan gelar, berkat kemenangan 6-3, 6-2.

Di atas kertas, laga ini seharunya dimenangi oleh Sofia Kenin. Dia adalah pemegang gelar turnamen Grand Slam, sementara Kanepi adalah pemain nomor 65 dunia.

Belum lagi bila bicara usia. Kanepi saat ini sudah berusia 35 tahun, bukan usia produktif bagi petenis putri. Sementara itu, Kenin berusia 22 tahun, yang seharusnya jauh lebih fresh.

"Tahun ini, saya rasa cukup membantu bahwa saya banyak bertanding pada pekan sebelum (Australian Open), yang membuat saya bisa menyesuaikan diri," kata Kanepi setelah pertandingan.

"Dan saya juga sering bertanding di Margaret Court Arena. Dan hari ini juga saya bertanding di sini, jadi saya rasa itu juga membantu, membuat saya merasa lebih baik," ujar dia lagi.

Laga hari ini merupakan pertemuan kedua bagi Kanepi dan Kenin. Pada pertemuan pertama yang terjadi di Roma pada 2018, Kanepi menang dengan 2-6, 6-2, 6-2. Fakta itu juga yang turut membuat Kenin sedikit tegang, jelang laga hari ini.

"Setelah laga babak pertama, saya keluar lapangan, dan tahu dia (Kanepi) juga menang. Mungkin saya sedikit down karena saya ingat saya kalah dari dia (pada pertemuan sebelumnya)," kata Kenin, yang turun sebagai unggulan keempat.

Pada babak ketiga, Kaia Kanepi akan menghadapi unggulan lainnya, yaitu Donna Vekic. Unggulan ke-28 tersebut lolos ke babak ketiga Australian Open 2021 setelah mengalahkan Nadia Podoroska (Argentina), 6-2, 6-2.