'Aksi Pura-pura' Cedera Djokovic di Australian Open yang Dipergoki Lawan

Sabtu, 13 Februari 2021 17:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Quinn Rooney/Getty Images
Novak Djokovic menerima perawatan di tengah pertandingan babak ketiga Australian Open 2021. Copyright: © Quinn Rooney/Getty Images
Novak Djokovic menerima perawatan di tengah pertandingan babak ketiga Australian Open 2021.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, dituduh berpura-pura cedera oleh lawannya, Taylor Fritz setelah pertemuan keduanya di babak ketiga Australian Open 2021, Jumat (12/02/21) kemarin.

Novak Djokovic melalui babak ketiga yang berlangsung dalam waktu tiga jam 25 menit dengan susah payah. Bukan hanya terpaksa ditinggalkan penonton di tengah laga karena lockdown Melbourne, namun juga lantaran cedera otot perut yang dideritanya.

Djokovic sejatinya sempat memimpin dengan dua set saat cedera terjadi yang membuat dia mendapat perawatan medis di tengah laga.  Alhasil, Taylor Fritz memenangkan set ketiga dan keempat untuk menyamakan kedudukan.

Mencoba menahan rasa sakit atas cederanya tersebut, Djokovic akhirnya mampu bangkit di set kelima dan merebut empat game berturut-turut untuk memastikan kemenangan 7-6 (7-1), 6-4, 3-6, 4-6, 6-2 di babak ketiga.

Berbicara pasca pertandingan, Djokovic mengatakan bahwa dirinya tidak yakin bisa melanjutkan turnamen Australian Open. Namun, Fritz bersikeras bahwa petenis 33 tahun itu hanya mendramatisasi cederanya itu.

“Jika dia benar-benar cedera, dia tidak akan terus bermain,” kata Fritz kepada awak media, dilansir dari Tennis Head.

“Dia tampak kesulitan di set ketiga dan keempat, tapi dia tidak begitu kesulitan di set kelima. Mungkin dia berjuang melewatinya. Sayang senang dia bisa pulih dengan baik,” lanjutnya.

Fritz kemudian menilai permainan Djokovic di set kelima sangat baik sehingga mampu bangkit dari kekalahan pada dua set sebelumnya, terutama saat melakukan servis.

“Set kelima, dia terlihat cukup bagus bagi saya! Saya harus memberikan pujian pada set kelima, dia benar-benar bagus. Tidak seperti set ketiga dan keempat,” imbuh Fritz.

Terlepas dari tuduhan yang dilayangkan Fritz, Djokovic saat ini tengah berpacu untuk memulihkan kebugaran agar dirinya bisa tampil baik di babak 16 besar Australian Open 2021.

Petenis nomor 1 dunia itu dijadwalkan bertemu dengan Milos Raonic pada pertandingan babak keempat pada hari Minggu (14/02/21) guna memperebutkan tiket perempat final.

Juara Grand Slam 17 kali itu berusaha melakukan segala upaya untuk mencegah cederanya kambuh di babak 16 besar nanti, demi bisa memenangkan gelar kesembilan Australian Open di sepanjang kariernya.

mengambil semua tindakan pencegahan untuk memberikan dirinya kesempatan terbaik untuk siap bersaing dengan pertemuan Head2Head ATP ke-12 melawan Kanada (Djokovic memimpin 11-0).