Djokovic dan 6 Petenis yang Catat Rekor Fantastis Selama 2020

Jumat, 4 Desember 2020 13:44 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Clive Brunskill/Getty Images
Novak Djokovic memastikan tiket semifinal Prancis Terbuka 2020. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Novak Djokovic memastikan tiket semifinal Prancis Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM – Pandemi virus corona membuat kalender turnamen tenis sepanjang 2020 ini berantakan. Akibatnya, persaingan di setiap turnamen makin tak tertebak karena banyak petenis top dunia yang memilih untuk absen ketimbang menantang risiko tertular penyakit.

Kesempatan ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh sejumlah wajah-wajah baru yang masih muda. Mereka sanggup memberikan kejutan, seperti Iga Swiatek, petenis 19 tahun asal Polandia yang juara di Prancis Terbuka.

Meski begitu sejumlah petenis top masih tetap tampil mendominasi, seperti Novak Djokovic yang kukuh di peringkat ATP dan Rafael Nadal yang juara untuk ke-13 kalinya di Prancis Terbuka.

Selain nama-nama tersebut, ada pula beberapa nama yang mencatat rekor menakjubkan selama tur WTA dan ATP di musim tenis 2020 ini.

Pemenang Turnamen Terbanyak

Dalam tur ATP, petenis 23 tahun Andrey Rublev sedang on fire dengan memenangkan lima turnamen sepanjang 2020 ini. Pemain asal Rusia ini menang di Hamburg Terbuka, St. Petersburg Terbuka, Erste Bank Terbuka, Qatar Terbuka, dan Adelaide International.

Sementara di tur WTA, dua petenis tunggal putri sama-sama memenangkan tiga gelar, yakni Aryna Sabalenka dan Simona Halep. Sabalenka menang di Qatar Terbuka, Ostrava Terbuka, dan Linz Terbuka. Halep sukses juara di Italia Terbuka, Dubai Terbuka, dan Praha Terbuka.

Final Turnamen Terbanyak

Di tur ATP 2020, Andrey Rublev dan Novak Djokovic berbagi rekor menjadi finalis terbanyak dengan lima kali tampil di final. Dari lima kesempatan itu, Djokovic membawa pulang empat gelar.

Di tur WTA, Elena Rybakina mencapai babak final paling sering yakni dalam lima kejuaraan. Dari lima final tersebut, petenis Kazakhstan ini hanya sukses menggondol satu gelar juara, yakni di Hobart International.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%