6 Rekor yang Bakal Dicatat Novak Djokovic untuk Menutup 2020 dengan Manis

Kamis, 29 Oktober 2020 19:12 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Clive Brunskill/Getty Images
Novak Djokovic berpeluang besar menutup musim 2020 dengan kembali menjadi petenis nomor satu dunia. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Novak Djokovic berpeluang besar menutup musim 2020 dengan kembali menjadi petenis nomor satu dunia.

INDOSPORT.COMNovak Djokovic berpeluang besar menutup musim 2020 dengan kembali menjadi petenis nomor satu dunia.

Saat ini petenis asal Serbia tersebut tengah mengikuti turnamen tenis Vienna Terbuka (Erste Bank Open 2020). Di babak 16 besar yang berlangsung Rabu (28/10/20) kemarin, Djokovic menang atas Borna Coric dengan dua set langsung, 7(13)-6(11) dan 6-3.

Jika terus mencatatkan hasil bagus, Djokovic setidaknya akan mengumpulkan enam rekor fantastis di akhir 2020 ini. Apalagi dengan absennya Roger Federer yang cedera dan Rafael Nadal yang membatasi turnamen yang diikutinya.

Berikut ini INDOSPORT merangkum enam rekor mencengangkan, baik yang telah diraih atau yang akan dicatat Novak Djokovic di ujung tahun.

Gelar Turnamen Terbanyak

Pandemi virus corona tak membuat Novak Djokovic gentar untuk terus bertanding di sejumlah turnamen. Ia pun masih tercatat sebagai pemegang gelar terbanyak di musim 2020 dengan total 5 gelar, termasuk satu di turnamen Grand Slam.

Pada Februari lalu saja, Djokovic juara di turnamen Australia Terbuka dengan mengalahkan Dominic Thiem dan kembali juara di Dubai Terbuka usai menumbangkan Stefanos Tsitsipas.

Usai pandemi, ia juga menjuarai turnamen pemanasan untuk AS Terbuka, yakni Cincinnati Masters pada bulan Agustus. Namun sayang ia harus didiskualifikasi dari AS Terbuka karena dinilai ceroboh dan mencederai wasit.

Kemudian gelar kelima yang ia dapatkan tahun ini adalah Italia Terbuka. Namun ia gagal menang lagi di turnamen Grand Slam 2020 usai kalah di tangan Raja Tanah Liat Rafael Nadal, di final Prancis Terbuka.

Setidaknya ada dua turnamen lagi yang bisa Djokovic menangkan, yakni Vienna Terbuka yang tengah berlangsung pekan ini dan ATP Finals yang rencananya digelar November mendatang.

Hadiah Turnamen Terbesar

Dengan mencatat gelar juara terbanyak, Novak Djokovic juga mengantongi pendapatan terbesar dari hadiah tunai. Total tahun ini saja, petenis 33 tahun itu sudah mengumpulkan enam juta dolar AS lebih sedikit, atau sekitar 88 miliar rupiah!

Hingga 26 Oktober ini, laman ATP mencatat total pendapatan keseluruhan Djokovic dalam kariernya mencapai 145 juta dolar AS, atau sekitar 2,1 triliun rupiah.

Di peringkat dua pendapatan terbesar tahun ini dari hadiah turnamen adalah Dominic Thiem yang mengumpulkan 5,1 juta dolar AS dan diikuti Rafael Nadal dengan 3,3 juta dolar AS.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%