Diwarnai Drama Banting Raket, Petenis Unggulan asal Ceko Tumbang di Australian Open

Sabtu, 13 Februari 2021 16:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Getty images
Kristyna Pliskova kalahkan unggulan 3 Maria Sakkari di babak pertama Palermo Terbuka. Copyright: © Getty images
Kristyna Pliskova kalahkan unggulan 3 Maria Sakkari di babak pertama Palermo Terbuka.

INDOSPORT.COM – Petenis asal Republik Ceko, Karolina Pliskova, tumbang di Australia Open 2021 di tangan rekan senegaranya sendiri, Karolina Muchova. Pertandingan itu bahkan diwarnai drama banting raket oleh Pliskova.

Bertanding di Rod Laver Arena, Pliskova, unggulan keenam di Australian Open 2021, dibuat menyerah oleh Muchova dalam kekalahan dua set 5-7, 5-7, pada babak ketiga yang digelar hari Sabtu (13/02/21).

Kekalahan yang dialami Pliskova itu begitu menyakitkan. Selain karena menyerah atas sahabatnya sendiri, Pliskova juga mendapatkan sanksi atas aksinya poin yang kurang terpuji di pertandingan ini.

Pliskova melakukan kesalahan ganda saat kedudukan berimbang 5-5 pada set pembuka, yang membuka jalan bagi Muchova, unggulan ke-25, untuk merebut kemenangan di set pertama.

Pertandingan sejatinya nyaris berlanjut di set ketiga sebelum Pliskova membuat  40 kesalahan sendiri yang berujung pada kekalahannya dari Muchova di babak ketiga ini.

Bukan hanya itu saja, set kedua ini dimulai dengan kedudukan 0-15 pada gim pertama, di mana 15 poin  diberikan secara cuma-cuma kepada Muchova lantaran Pliskova ketahuan membanting raket dua kali dalam satu babak.

Bantingan raket pertama terjadi saat Pliskova dinyatakan kalah di set pertama. Pemain Ceko ini kemudian meninggalkan lapangan saat pertandingan set, dan dia menerima pelanggaran kode lain saat dia kembali.

Seorang pejabat menangkat Pliskova membanting raket lainnya di luar lapangan, dan memberi tahu wasit saat sang pemain kembali. Alhasil, dia pun tertinggal 15 angka saat set kedua dimulai.

“Saya bisa melakukan apa yang saya inginkan di luar lapangan!” Pliskova berseru kepada wasit, seperti dikutip dari Yahoo Sport.

Wasit kemudian menjawab, “Ya, tapi kami masih dilarang melakukannya.”

Pliskova membalas, “Mengapa tidak? di luar lapangan saya bisa melakukan apa yang saya inginkan!”

Mantan semifinalis Australia Terbuka sejatinya berusaha memperbaiki penampilannya dengan memimpin 5-0, namun Muchova memanfaatkan tujuh game berikutnya berturut-turut untuk melaju ke babak keempat.

Pliskova dan Muchova sendiri sejatinya berteman baik dan menghabiskan latihan bersama di karantina. Dua pemain senegara ini sebelumnya sudah bertemu back-to-back, di mana Pliskova menang atas Muchova di babak pertama Australian Open 2019. Di akhir tahun, Muchova menang atas Pliskova di babak 16 besar Wimbledon.

Kemenangan atas Pliskova ini membuat Muchova untuk pertama kalinya di sepanjang kariernya berhasil mencapai babak empat alias 16 besar Australian Open. Pemain 24 tahun nantinya bakal menghadapi pemenang antara Elise Mertens vs Belinda Bencic.