Legenda Bulutangkis Malaysia Jagokan Lee Zii Jia Juara di Rumah Sendiri

Selasa, 27 April 2021 15:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Naomi Baker/Getty Images
Lee Zii Jia Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Lee Zii Jia

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis peringkat 8 dunia, Lee Zii Jia diharapkan bisa memenangkan juara tunggal putra di rumah sendiri saat dirinya tampil di Malaysia Open bulan depan.

Sejauh ini hanya ada dua legenda Malaysia yang pernah memenangkan gelar juara di rumah sendiri, yakni Ong Ewe Hock, dan Lee Chong Wei.

Ewe Hock memenangkan gelar kandang dua kali pada tahun 1996 dan 2001. Sedangkan Lee Chong Wei mencatat rekor kemenangan 12 kali Malaysia Open, di mana terakhir kali dimenangkan pada tahun 2018.

Setahun sesudahnya, Chong Wei absen karena penyakit kankernya dan dominasinya pun berakhir di tangan rivalnya dari China, Lin Dan, yang kini juga sudah pensiun.

Lee Zii Jia, yang baru saja merasakan podium All England 2021 bulan Maret lalu, diharapkan bisa mengulangi kesuksesan Ewe Hock dan Chong Wei dengan memenangkan Malaysia Open 2021 pada 25-30 Mei mendatang.

“Ya, itu akan menjadi tantangan besar, tapi selama dia (Lee Zii Jia) bisa mengatasi tekanan dengan baik, mengapa tidak bagi dia untuk memenangkan Malaysia Open,” kata Ewe Hock, dilansir dari The Star Malaysia.

Legenda berusia 49 tahun itu lantas menekankan betapa besar harapan yang  dipikul dipundak anak didik Hendrawan tersebut untuk turnamen ini sejak dirinya memenangkan All England.

“Suka atau tidak, dia sekarang harus menghadapi ekspektasi yang meningkat dari para penggemar.  Lebih jauh, ia juga menjadi incaran utama para rivalnya,” jelas Ewe Hock.

“Semua orang akan keluar untuk menantangnya. Sebelumnya dia ditekan untuk melakukan terobosan, sekarang dia berada di bawah tekanan untuk tetap di puncak.”