Jawara Singapore Open yang Tak Ingin Sakiti Hati Rakyat Indonesia Usai Pindah ke Belanda

Selasa, 11 Mei 2021 18:55 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Graham Chadwick /Allsport via Getty Images
Jawara Singapore Open, Mia Audina, yang tidak ingin menyakiti hari rakyat Indonesia usai menjadi warga negara Belanda. Copyright: © Graham Chadwick /Allsport via Getty Images
Jawara Singapore Open, Mia Audina, yang tidak ingin menyakiti hari rakyat Indonesia usai menjadi warga negara Belanda.

INDOSPORT.COM - Jawara Singapore Open, Mia Audina, yang tidak ingin menyakiti hari rakyat Indonesia usai menjadi warga negara Belanda.

Mia Audina pernah mengantarkan tunggal putri Indonesia menjuarai Singapore Open 1997 usai mengalahkan pebulutangkis China, Gong Zhichao dengan skor 11-6, 11-6.

Dua tahun setelah menjuarai Singapore Open, Mia Audina yang menikahi pria Belanda bernama Tylio Lobman pada 30 Maret 1999 terpaksa harus berpindah warga negara untuk tetap bermain bulutangkis karena berbenturan dengan peraturan.

Dilansir dari situs olahraga Historia, Mia Audina sempat mengajukan permohonan tetap menjadi skuat pelatnas Indonesia walaupun berlatih di Belanda, tetapi keinginannya ditolak mentah-mentah.

Tidak ada pilihan lain, jawara Singapore Open akhirnya memutuskan keluar dari skuad bulutangkis Indonesia dan menjadi bagian dari bulutangkis Negeri Kincir Angin.

Padahal kala itu, banyak yang berharap Mia Audina bisa menjadi penerus Susy Susanti karena dianggap memiliki kualitas permainan yang baik dan mental yang sangat kuat di lapangan.

Terbukti, ketika diturunkan di partai terakhir pada final Piala Uber 1994 dan 1996, Mia Audina berhasil menjawab kepercayaan tersebut untuk mempersembahkan kemenangan bagi tim bulutangkis putri Indonesia.

Akhirnya, mau tidak mau, suka tidak suka, Mia Audina memilih berpindah kewarganegaraan dan akhirnya resmi membela Belanda sejak 2000 di turnamen internasional dan Indonesia harus gigit jari, karena setelah kepergiaannya, generasi tunggal putri Tanah Air mandek hingga saat ini.

Tetapi menariknya, ketika banyak yang mencap dirinya sebagai 'pengkhianat', Mia Audina ternyata tetap menganggap kalau Indonesia merupakan tanah kelahirannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
33%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%