Kisah Pasangan Indonesia, Jawara Singapore Open yang Hijrah ke Amerika

Selasa, 11 Mei 2021 21:25 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© ADRIAN DENNIS/AFP via Getty Images
Kisah pasangan ganda putra Indonesia, Tony Gunawan/Halim Haryanto, yang menjuarai Singapore Open dan memutuskan hijrah ke Amerika Serikat. Copyright: © ADRIAN DENNIS/AFP via Getty Images
Kisah pasangan ganda putra Indonesia, Tony Gunawan/Halim Haryanto, yang menjuarai Singapore Open dan memutuskan hijrah ke Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Kisah pasangan ganda putra Indonesia, Tony Gunawan/Halim Haryanto, yang menjuarai Singapore Open dan memutuskan hijrah ke Amerika Serikat.

Tony Gunawan dan Halim Haryanto pernah meraih gelar juara sebagai sebagai pasangan ganda putra Indonesia di Singapore Open pada 2001.

Pasangan Tony/Halim menjuarai Singapore Open usai mengalahkan pasangan sesama Indonesia, Sigit Budiarto/Candra Wijaya dalam pertandingan rubber game dengan skor 5-7, 7-3, 7-2, 7-0.

Sesudah menjuarai Singapore Open, baik Halim Haryanto maupun Tony Gunawan memutuskan untuk hijrah ke Amerika Serikat, dan tak lagi membela Indonesia di kompetisi bulutangkis internasional.

Kepindahan Tony Gunawan yang dulunya merupakan pebulutangkis ganda putra Indonesia yang sukses lebih dulu pindah ke Amerika Serikat pada 2002.

Tony memutuskan pindah ke Amerika karena ingin melanjutkan pendidikannya, meskipun akhirnya tidak bisa berpaling dari bulutangkis dan kembali ke lapangan mewakili Negeri Paman Sam.

Selama membela Negeri Paman Sam, prestasi terbaiknya adalah meraih gelar Juara Dunia, dan Tony Gunawan menjadi salah satu pebulutangkis yang bisa meraih gelar yang sama di bawah bendera yang berbeda, yakni Indonesia dan Amerika.

Kini, Tony Gunawan pun menjadi pelatih bulutangkis di Amerika, dan mengajari pemain-pemain junior, serta masih terlibat dalam beberapa event internasional.