Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Gagal ke Olimpiade Tokyo 2020

Jumat, 28 Mei 2021 16:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Humas PBSI
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja jadi runner up Thailand Masters 2020. Copyright: © Humas PBSI
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja jadi runner up Thailand Masters 2020.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran bulutangkis Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, harus mengubur mimpi mereka ke Olimpiade Tokyo setelah BWF resmi menutup kualifikasi ‘Race to Tokyo’.

Pada hari Jumat (28/05/21), Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) melalui laman resminya mengumumkan bahwa perhitungan poin Race to Tokyo atau Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 untuk bulutangkis resmi berakhir.

BWF menyatakan tidak ada lagi turnamen yang akan terhitung lagi untuk dalam kualifikasi Olimpiade.

Dengan demikian berakhir pula mimpi ganda campuran no.2 Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja untuk menemani rekannya Praveen Jordan/Melati Daeva bertanding di Olimpiade.

Kualifikasi Olimpiade Tokyo hanya meloloskan 16 pasangan teratas di sektor ganda campuran. Di tahun 2021, Hafiz/Gloria sudah mati-matian tampil terbaik untuk mengamankan peringkat delapan besar pada kualifikasi tersebut.

Namun, perjuangan mereka semakin berat setelah BWF mengumumkan pembatalan Malaysia Open 2021 yang termasuk dalam dua turnamen terakhir kualifikasi berakhir. Selanjutnya, Singapura Open juga ikut dibatalkan.

Perlu dicatat, satu negara kontingen hanya boleh mengirimkan dua wakilnya jika keduanya berada di peringkat delapan besar dari 16 ranking kualifikasi.

Bila salah satunya berada di luar delapan besar, maka hanya ada satu wakil yang boleh turun.