Kirim 9 Wakil ke Olimpiade Tokyo, Media China Sebut Beban Berat Li Jun Hui/Liu Yuchen

Selasa, 8 Juni 2021 14:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Li Junhui dan Liu Yuchen Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Li Junhui dan Liu Yuchen

INDOSPORT.COM – Media olahraga China menyebut beban wakilnya di ganda putra sangat berat ketika mengarungi gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Media di China, Aiyuke, pada hari Senin (07/08/21) merilis ulang hasil final para pebulutangkis yang dinyatakan terkualifikasi ke Olimpiade Tokyo  pada bulan Juli 2021 mendatang.

Mengawali artikelnya, Aiyuke mengklaim bahwa tim bulutangkis China mampu merebut empat tiket full seats Olimpiade, dan pasangan Li Junhui/Liu Yuchen jadi satu-satunya yang lolos untuk sektor ganda putra.

“Tim national bulutangkis memenangkan empat full seats ke Olimpiade, dan hanya Li Junhui/Liu Yuchen yang terkualifikasi ke ganda putra,” tulis media tersebut.

Dengan demikian, China secara resmi menurunkan 9 wakilnya, masing-masing dua wakil di nomor tunggal putra, tunggal putra, ganda putri, dan ganda campuran, dan satu wakil ganda putra.

Media tersebut kemudian menjabarkan nama-nama pemain dan kontingen negara yang dinyatakan lolos ke Olimpiade yang terbagi ke dalam lima nomor berbeda, mulai dari tunggal putri hingga ganda campuran.

Dimulai dari sektor tunggal putra, China mengirimkan Chen Long yang menempati peringkat keenam, dan Shi Yuqi uang berada di posisi ke-11 dunia. Namun, hanya Chen Long yang berhasil menempati posisi unggulan ke-enam di Olimpiade Tokyo nanti.

Pada sektor tunggal putri, Negeri Tirai Bambu akan bersaing dengan Jepang, China, Korea Selatan dan Thailand yang semuanya mengirimkan dua wakilnya di Olimpiade Tokyo.

Chen Yufei dan He Binjiao akan menjadi dua wakil China, di mana hanya Chen Yufei yang mampu menempati posisi unggulan teratas  mengungguli Tai Tzy Ying (Chinese Taipei), dan Nozomi Okuhara (Jepang).

Di sektor ganda putra, perjuangan Li Jun Hui/Liu Yuchen untuk memenangkan medali emas  Olimpiade Tokyo untuk China yentunya sangatlah berat karena posisi mereka di daftar unggulan diapit oleh empat wakil Indonesia dan Jepang.

Indonesia berhasil mengirimkan unggulan teratas dan kedua, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, sedangkan wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, menjadi unggulan keempat dan kelima.