Pebulutangkis Asli Indonesia Bela Negeri Antah Berantah di Olimpiade Tokyo, Apa Alasannya?

Sabtu, 12 Juni 2021 17:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Pebulutangkis Indonesia, Ade Resky Dwicahyo Copyright: © PBSI
Pebulutangkis Indonesia, Ade Resky Dwicahyo

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal  Indonesia, Ade Resky Dwicahyo, memastikan dirinya tampil ajang Olimpiade Tokyo 2020. Namun, dirinya akan bertanding di bawah bendera Azerbaijan.

Dalam rilis resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) berupa daftar pebulutangkis yang dipastikan terkualifikasi ke Olimpiade Tokyo 2020, ada nama Ade Resky Dwicahyo.

Ade Resky Dwicahyo yang berperingkat 69 dunia itu berada di urutan ke-31 dalam daftar pemain yang dipastikan akan unjuk taring dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut di Tokyo pada bulan Juli nanti.

Anehnya, daftar resmi BWF itu memperlihatkan Ade Resky Dwicahyo tidak berstatus sebagai pemain Indonesia. Ade Resku Dwicahyo akan jadi peserta Olimpiade bersama kontingen Azerbaijan.

Ade Resky Dwicahyo merupakan mantan pemain tim bulutangkis junior Indonesia, dan pernah membela tim Merah Putih di ajang Kejuaraan Asia Junior dan Kejuaraan Dunia Junior pada 2016 silam.

Namun,  dirinya merasa kalah bersaing dan akhirnya pada tahun 2018 mendapat tawaran untuk membela Azerbaijan, sebuah salah satu negara kecil di kawasan Eropa Timur.

Mengacu pada wawancara Ade Resky Dwicahyo  dengan Badminton Europe tahun lalu, Ade Resku Dwicahyo berpindah negara yang dia bela demi bisa meningkatkan peluang tampil di turnamen besar.

“Seperti Anda ketahui, saya asli Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara terkuat di bulu tangkis,” kata Ade.

“Ketika menerima tawaran dari Azerbaijan, saya mendapat peluang lebih tinggi untuk tampil pada Kejuaraan Dunia dan Olimpiade.”

“Saya sudah sukses mewakili Federasi Bulu Tangkis Azerbaijan di kompetisi internasional selama tiga tahun.”

“Pada periode ini, saya menjadi saksi betapa besar usaha federasi dalam pengembangan bulu tangkis,” imbuhnya.

Membela Azerbaijan, Mantan pemain binaan klub PB Exist Jakarta banyak mengantongi prestasi di sektor tunggal dan ganda putra pada sejumlah turnamen yang digelar sepanjang tahun 2018 dan 2019.