Sempat Banyak Rintangan, Kento Momota Akui Santai di Olimpiade 2020

Rabu, 14 Juli 2021 21:55 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Badminton Photo
Kento Momota. Copyright: © Badminton Photo
Kento Momota.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis putra asal Jepang, Kento Momota, menegaskan tidak ingin larut dalam pikiran negatif menjelang Olimpiade Tokyo 2020. Walau sempat diterpa banyak ujian, atlet 26 tahun tersebut kini siap mengharumkan nama negaranya di kandang sendiri.

Momota menjalani tahun 2020 yang kurang berkesan setelah menjuarai Malaysia Masters. Kecelakaan membuat pemain nomor tunggal putra peringkat satu dunia ini harus menjalani operasi penglihatan karena rongga matanya retak.

Setelah sembuh dan comeback untuk menjadi juara Nasional Jepang pada Desember 2020, Kento Momota kembali apes. Ia batal ambil bagian di Asian Leg yang bertempat di Thailand sebulan kemudian karena terpapar virus corona.

Di All England, pria kidal kelahiran Kanagawa ini kembali tampil, namun justru mendapat hasil tidak terduga pada Maret lalu. Dia dikalahkan wakil Malaysia berperingkat delapan dunia, Lee Zii Jia, yang kemudian keluar sebagai kampiun.

Tidak banyak bermain di banyak kejuaraan membuat kemampuan Momota jadi tidak terlalu bisa dibaca para pesaingnya. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya bagi peraih 11 titel di 2019 itu, namun ia mengaku santai.

"Hanya ada pikiran positif saat ini di kepala saya. Secara mental, saya sudah lebih baik. Banyak rintangan yang sudah saya hadapi dan membuat saya semakin bersemangat menatap Tokyo 2020," papar Kento Momota.

"Karakteristik dari pesaing lain belum terbaca dengan jelas, tapi semua juga merasa begitu. Sehingga, fokus kepada diri sendiri jauh lebih penting," pungkasnya.