In-depth

Perjalanan Penuh Liku 20 Grand Slam Djokovic, Nadal, dan Federer

Kamis, 15 Juli 2021 23:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Brunskill/Getty Images
Novak Djokovic kini meraih 20 Grand Slam seperti Rafael Nadal dan Roger Federer. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Novak Djokovic kini meraih 20 Grand Slam seperti Rafael Nadal dan Roger Federer.

INDOSPORT.COM - Kemenangan Wimbledon 2021 menempatkan Novak Djokovic sejajar dengan Rafael Nadal dan Roger Federer soal perolehan gelar Grand Slam.

Saat ini, tiga petenis papan atas putra tersebut sama-sama mengoleksi 20 gelar prestisius tersebut, yang tentunya tidak diraih dengan sekejap mata. Butuh keringat, perjuangan, dan kerja keras untuk mencapainya.

Novak Djokovic sendiri memang baru saja memenangkan turnamen tenis Wimbledon 2021. Berstatus unggulan pertama, ia melaju ke partai puncak dengan mengalahkan Denis Shapovalov tiga set langsung di semifinal.

Di final, petenis asal Serbia tersebut pun menghadapi perlawanan Matteo Berrettini dan pada akhirnya menang 6-7 (4-7), 6-4, 6-4, 6-3.

Hasil ini pun membawa Djokovic pada trofi Grand Slam ke-20, jumlah yang sama dengan Rafael Nadal dan Roger Federer.

Rinciannya, Djokovic meraih sembilan gelar juara di Australia Terbuka, dua gelar di Prancis Terbuka, enam kali juara Wimbledon, dan tiga kali juara AS Terbuka.

Selain menyamai perolehan Nadal dan Federer, Djokovic juga mencatatkan prestasi atas namanya sendiri. Pasalnya, ia satu-satunya di antara trio ini yang memenangkan setiap gelar Grand Slam setidaknya sebanyak dua kali.

Bukan hanya itu, ia juga tercatat sebagai pemain pertama setelah Rod Laver pada tahun 1969 yang berhasil meraih tiga gelar Grand Slam pertama dalam satu tahun.

Ya, pada 2021, Djokovic telah memenangkan Australia Terbuka, dilanjut Prancis Terbuka, dan kemudian Wimbledon. Kini ia hanya menyisakan satu turnamen lagi, AS Terbuka, untuk memborong seluruh Grand Slam tahun ini.

Gelaran AS Terbuka 2021 sendiri baru akan bergulir pada 30 Agustus sampai dengan 12 September mendatang.

Tentu perjalanan Novak Djokovic sampai ke titik ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan, saat ia baru mengoleksi dua gelar Grand Slam pada 2011, Rafael Nadal sudah mengantongi sembilan sedangkan Roger Federer 16.

Namun seiring berjalannya waktu, Djokovic berhasil membuktikan diri sebagai salah satu petenis terbaik dunia. Dari angka sekecil itu, ia akhirnya berhasil menyentuh angka 20 dalam kurun waktu 10 tahun.

Kini, AS Terbuka sudah menanti di depan mata. Jika menang lagi, Djokovic akan menyamai rekor Rod Laver pada 1969 yang memborong seluruh gelar Grand Slam dalam satu agenda tahunan.