Melihat Fenomena Tenis Olimpiade Tokyo yang Dihantam Badai Undur Diri

Sabtu, 17 Juli 2021 22:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fred Lee/Getty Images
Roger Federer termasuk petenis yang absen di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Roger Federer termasuk petenis yang absen di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga tenis Olimpiade Tokyo 2020 mengalami badai undur diri para kontestannya dengan berbagai alasan.

Yang terkini, Alex de Minaur terpaksa absen di pesta olahraga empat tahunan tersebut usai dinyatakan positif Covid-19. Ia adalah atlet pertama dari tim Australia yang dinyatakan mengidap virus tersebut.

Alex de Minaur sendiri baru saja berlaga di turnamen Grand Slam Wimbledon 2021, di mana ia langsung tersingkir di putaran pertama.

Sebelum berangkat ke Jepang, petenis peringkat 17 dunia itu menjalani tes wajib Covid-19 sebagai syarat penerbangan, dan tentunya, kewajiban sebelum berlaga di Olimpiade Tokyo, yang pelaksanaannya hanya tinggal menghitung hari lagi.

Akan tetapi, ia pun harus menerima hasil pahit bahwa dirinya dinyatakan mengidap virus yang berasal dari Wuhan, China, tersebut.

"Kami diberitahu bahwa Alex de Minaur telah menjalani tes dan hasilnya positif. Akibatnya, Alex tidak dapat bergabung dengan tim Australia," demikian kata CdM tim Australia, Ian Chesterman, dikutip dari laman The Telegraph.

“Kami sangat kecewa untuk Alex dan perasaannya hancur karena tidak bisa datang. Sudah menjadi mimpinya mewakili Australia di Olimpiade sejak dia masih kecil, tapi dia tetap mengirim doa dan harapannya untuk tim.”

Lebih lanjut, Ian Chesterman berharap tidak ada lagi petenis dari timnya yang menyusul positif Covid-19 seperti Alex de Minaur. Pasalnya, mereka tidak melakukan kontak dengan sang atlet setelah Wimbledon 2021.

Apalagi, saat meninggalkan Wimbledon pada 5 Juli, De Minaur dinyatakan negatif Covid-19. Hal ini pun seperti membawa rasa lega tersendiri bagi tim tenis Australia.