Kalahkan Andalan Malaysia, Chen Long Dapat ‘Peringatan’ dari Lee Chong Wei

Jumat, 30 Juli 2021 13:55 WIB
Penulis: M. Ramadhan | Editor: Indra Citra Sena
© On Man Kevin Lee/Getty Images
Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun. Copyright: © On Man Kevin Lee/Getty Images
Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Chen Long mendapatkan ‘peringatan’ dari Lee Chong Wei setelah mengalahkan pemain andalan Malaysia, Lee Zii Jia, di babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020.

Langkah Lee Zii Jia di pesta olahraga terbesar di dunia ini memang sudah terhenti. Dia dipaksa menyerah dari mantan pebulutangkis nomor satu dunia dari China, Chen Long.

Zii Jia sebenarnya mampu tampil apik dan merepotkan Chen Long. Dia bahkan mampu mengajak pemilik emas Olimpiade Rio 2016 itu bermain rubber game, meskipun akhirnya takluk 21-8, 19-21, dan 5-21.

Usai laga, Zii Jia nampak sangat kecewa karena harus kalah dan gagal melaju ke babak selanjutnya. Mengetahui hal itu, legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei mengirimkan pesan menyentuh kepada Zii Jia.

“Saya tahu ini bukan hasil yang kamu inginkan. Sebagai seorang atlet, siapa yang ada di lapangan dan tidak ingin menang? Tapi, jangan terlalu kecewa. Satu Malaysia tahu kamu telah mencoba yang terbaik,” kata Lee Chong Wei di akun Instagram pribadinya, @leechongweiofficial

“Disertakan dengan lebih banyak pengalaman nanti, Chen Long jelas merupakan dasar untuk kamu. Chen Long bukanlah juara bertahan sembarangan. Wajahnya saja polos tapi orang itu memang punya otak dalam menafsirkan taktik lawan,” tutur dia, Jumat (30/7/21).

Menurut Lee Chong Wei, dari segi kecepatan, kekuatan, dan teknik sebenarnya Zii Jia bisa mengalahkan Chen Long. Namun, yang kurang dari Zii Jia adalah kekhawatiran pada saat-saat penting.

Meski begitu, Chong Wei mengaku dapat memahami kekurangan sang pemain. Dia menyebut Zii Jia mengingatkan akan dirinya ketika debut di Olimpiade Athena 2004, di mana kala itu Chong Wei juga terhenti di 16 besar.

“Olimpiade pertama, siapa yang tidak khawatir? Pertandingan Olimpiade pertama Chong Wei pun tidak begitu baik,” ucap Chong Wei.

“Yang penting sekarang, angkat dagu kamu dan terus mencoba. Olimpiade berikutnya hanya tiga tahun lagi. Kesuksesanmu tidak hilang, tetapi hanya tertunda,” tambahnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
43%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
14%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%