Gara-gara Umpatan Chen Qing Chen, China dan Korea Selatan Jadi Berseteru

Rabu, 4 Agustus 2021 20:39 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Subhan Wirawan
© Indosport.com
Chen Qingchen dan Jia Yifan Copyright: © Indosport.com
Chen Qingchen dan Jia Yifan

INDOSPORT.COM - Aksi pebulutangkis ganda putri China, Chen Qing Chen yang mengumpat di Olimpiade Tokyo 2020 menyulut kemarahan warga Korea Selatan. Kini netizen dari kedua negara tersebut jadi ribut gara-gara hal itu.

Dilansir dari Mothership, Korea Selatan telah mengajukan keluhan resmi kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) mengenai penggunaan kata-kata kotor yang dilakukan oleh Chen Qing Chen.

Chen beberapa kali mengucapkan kata "Wocao" dan "Cao" yang mengandung arti kasar yakni persetan. Kata-kata itu diteriakannya saat melawan pasangan ganda putri Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong di Olimpiade Tokyo pada 27 Juli 2021 lalu.

Setelah kalah di game pertama dari pasangan Korea, Chen, yang bermain bersama rekan setimnya Jia Yifan, terdengar mengatakan "cao" dengan keras.

Menurut komentator olahraga Taiwan Max Shih, Chen awalnya memprotes kepada wasit bahwa suara yang dibuat pemain Korea Selatan selama pertandingan terlalu keras.

Tetapi protes Chen tidak dikabulkan wasit. Alhasil setiap kali berhasil mencetak poin, partner Jia Yifan itu meneriakkan kata umpatan.

Korea Selatan pun akhirnya harus mengakui kekuatan Chen/Jia di babak semifinal Olimpiade 2020. Meski demikian, Korea Selatan tidak mau tinggal diam. Mereka mengadukan aksi tidak terpuji Chen Qingchen kepada BWF.

Di sisi lain, Chen justru mendapat dukungan dari warganet China. Kata itu bisanya disensor dalam program TV China, mereka kemungkinan tidak akan mendengarnya jika bukan karena siaran langsung Olimpiade.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%