Berkutat dengan Masalah Mental, Naomi Osaka Dapat Dukungan Maria Sharapova

Jumat, 10 September 2021 14:55 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Indra Citra Sena
© Jason Mendez/Getty Images for NYFW: The Shows
Maria Sharapova saat menghadiri event fashion show Vera Wang, Februari 2020. Copyright: © Jason Mendez/Getty Images for NYFW: The Shows
Maria Sharapova saat menghadiri event fashion show Vera Wang, Februari 2020.

INDOSPORT.COM – Legenda tenis Maria Sharapova mendukung keputusan Naomi Osaka yang rehat dari sejumlah turnamen karena masalah mentalnya.

Mantan pemain asal Rusia itu meminta semua pihak untuk lebih mendukung Osaka dan para pemain lainnya yang mengalami masalah serupa.

“Kita perlu mendukung penuh para atlet yang sedang mengalami saat-saat berat di karier mereka,” tutur Sharapova kepada WWD.

“Kita semua perlu menghormati keputusan yang dibuat para atlet ketika mereka rentan, merasa sedih atau saat mereka tidak bermain dengan penampilan terbaik mereka,” lanjutnya.

Mantan pemain nomor satu dunia ini juga menyanjung Naomi Osaka, menyebutnya punya karier yang masih panjang.

“Sejujurnya, tak banyak orang tahu apa yang terjadi di balik layar dan bagaimana perasaan para atlet. Anda cuma melihat pertandingannya dan apa yang terjadi di lapangan.”

“Semakin banyak dukungan yang kita berikan, semakin baik juga keadaan mereka dan bagaimana mereka bermain.”

Sharapova memang memaklumi keputusan pemain berusia 23 tahun itu untuk absen dari sejumlah turnamen Grand Slam, tapi ia meminta para atlet untuk tidak melewatkan sesi konferensi pers.

“Anda masih harus tetap hadir untuk media, bersikap profesional, jadilah sosok yang lebih baik dan diskusikan pertandingannya,” tambah Sharapova.

Meski begitu, ia setuju para atlet harus membuat batasan apa saja yang bisa mereka bagikan dengan media. “Ini tentang menetapkan sejumlah aturan,” katanya.

“Setiap orang berbeda. Apa yang sensitif untuk satu orang mungkin tidak sensitif untuk yang lain, begitu pula sebaliknya. Jika Anda atlet, penting untuk tahu apa yang terbaik untuk Anda. Ini karier Anda. Atlet tentu punya kemampuan untuk melakukan hal itu sekarang.”