Daftar Skuat Malaysia di Piala Sudirman 2021: Lee Zii Jia Jadi Ujung Tombak

Sabtu, 11 September 2021 15:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Naomi Baker/Getty Images
Lee Zii Jia Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Lee Zii Jia

INDOSPORT.COM – Malaysia telah menunjuk sederet pemain muda untuk kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman 2021. Tunggal putra no.8 dunia, Lee Zii Jia akan menjadi ujung tombak tim Negeri Jiran ini.

Pada hari Sabtu (11/09/21), Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) resmi mengumumkan 16  pemain yang akan mewakili negara ke dua turnamen beregu berturut-turut, Piala Sudirman dan Piala Thomas & Uber.

Sesuai dengan rumor sebelumnya, Malaysia didominasi pemain muda. Khusus untuk Piala Sudirman 2021, Malaysia menurunkan pemain dengan kisaran usia 18-26 tahun.

Dilansir dari The Star Malaysia, tunggal putra Lee Zii Jia dan ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik, akan menjadi ujung tombak tim karena pengalaman mereka di ajang Piala Sudirman 2019 lalu.

Selain Zii Jia dan Aaron/Soh, ini akan menjadi pertama kalinya bagi semua pemain pria lainnya di dua turnamen besar. Adapun kompetisi wanita, ini juga yang pertama untuk semua kecuali Meng Yean, Kisona dan Jin Wei.

Di Piala Sudirman, Lee Zii Jia akan ditemani oleh Ng Tze Yong, tunggal putra peringkat 90 dunia yang berusia 21 tahun.

Sementara Aaron/Soh yang meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo akan didampingi juara Spain International 2021 Man Wei Chong/Tee Kai Wun.

Untuk sektor tunggal putri, Malaysia akan diwakili S. Kisona, Eoon Qi Xuan. Sementara di ganda putri, ada juara Swiss Open 2021 Pearly Tan/M. Thinaah dan Yap Ling/Teoh Mei Xing.

Untuk ganda campuran, Malaysia bakal mengandalkan dua pasangan muda menjanjikan, yakni Hoo Pang Ron/Cheah Yee See, Chen Tang Jie/Peck Yen Wei.

Menurut Presiden BAM, Tan Sri Norza Zakaria, diturunkannya pemain-pemain muda ini diharapkan bisa menjadi persiapan mereka ke Olimpiade Paris 2021.

“Targetnya perempat final untuk ketiga regu. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil risiko dan mengirimkan tim muda sebagai bagian dari persiapan kami untuk Olimpiade Paris 2024,” kata Tan Sri Norza Zakaria.