Sumbang 2 Emas di Paralimpiade, Leani Ratri Oktila Disorot Media Asing

Selasa, 14 September 2021 15:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© NPC Indonesia
Peraih medali emas Susanto Hary dan Oktila Leani Ratri dari Tim Indonesia berpose di podium untuk Ganda Campuran Paralimpiade Tokyo 2020. Copyright: © NPC Indonesia
Peraih medali emas Susanto Hary dan Oktila Leani Ratri dari Tim Indonesia berpose di podium untuk Ganda Campuran Paralimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM – Atlet badminton Indonesia, Leani Ratri Oktila, menjadi sorotan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) setelah berhasil mengantongi dua medali emas di ajang Paralimpiade Tokyo.

Leani Ratri Oktila menjadi pusat perhatian setelah berhasil memenangkan dua emas dan satu perak pada cabang olahraga para badminton Paralimpiade Tokyo 2020.

Pencapaian Leani Ratri Oktila di Paralimpiade Tokyo  ternyata mendapatkan perhatian dan apresiasi dari media resmi Badminton Asia (BA).

Leani Ratri Oktola yang kini menduduki peringkat 1 dunia di tunggal putra SL4, dimata BA merupakan salah satu pemain parabadminton tersukses di Indonesia dan salah satu yang terbaik di Asia.

Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Pemain Para Badminton Terbaik Tahun Ini yang diraihnya dua kali berturut-turut pada 2018 dan 2019.

BA juga menjabarkan perjalanan karier Leani Ratri Oktila yang di dunia tepok bulu yang dimulai sejak usia dini. Pada usia tujuh tahun, Leani telah mengikuti kompetisi level nasional sekitar tahun 1999.

Namun, sebuah kecelakaan sepeda motor pada tahun 2011 menyebabkan kerusakan pada kaki kiri, yang menyebabkan kaki kiri lebih pendek dari kaki kanannya.

BA begitu terkesan dengan tekad Leani Ratri Oktila untuk tidak menyerah dengan mimpinya menjadi pemain bulutangkis meskipun dirinya sudah tidak seperti pebulutangkis normal pada umumnya.

Leani memutuskan beralih ke dunia para badminton yang justru semakin melambungkan namanya di kancah dunia.

Berbagai  gelar juara berhasil diraih, termasuk tiga trofi Kejuaraan Dunia Para Badminton, tiga medali emas Asian Para Games, dan enam medali emas ASEAN Para Games.