Laver Cup 2021: Tim Europe vs Tim World, Siapa Bakal Berjaya?

Senin, 20 September 2021 19:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Laver Cup
Team Europe dan Team World di Laver Cup 2021. Copyright: © Laver Cup
Team Europe dan Team World di Laver Cup 2021.

INDOSPORT.COM - Turnamen tenis Laver Cup atau Piala Laver 2021 bakal segera digelar, yang bakal menghadirkan aksi-aksi para petenis putra top dunia.

Untuk diketahui, tahun 2021 merupakan edisi keempat turnamen lapangan keras yang mulai diperkenalkan ke publik pada 2017 lalu ini.

Seperti biasa, Laver cup dijadwalkan bergulir dua pekan setelah perhelatan US Open selesai dan menunjuk tuan rumah berbeda di setiap agendanya. Tahun ini, turnamen akan digelar di Boston, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Laver Cup sempat dibatalkan pelaksanaannya pada 2020 akibat pandemi virus corona Covid-19 yang sedang parah-parahnya menyerang dunia. Namun untungnya, tahun ini situasi sudah membaik dan turnamen bisa diadakan kembali.

Penamaan turnamen ini, diambil dari nama besar petenis legendaris dunia, Rod Laver, yang telah memenangkan 200 gelar sepanjang kariernya.

Bukan hanya itu, petenis asal Australia tersebut juga mencatatkan sejarah sebagai pemborong seluruh gelar Grand Slam pada kalender 1962 dan 1969.

Catatan ini nyaris dibuntuti Novak Djokovic yang tahun ini memiliki peluang serupa. Akan tetapi, ia gagal menguasai kalender Grand Slam 2021 usai ditumbangkan Daniil Medvedev di US Open beberapa waktu lalu.

Tahun ini, Laver Cup akan digelar mulai tanggal 24 sampai dengan 29 September 2021, menghadirikan dua kubu Team Europe dan Team World yang beranggotakan para petenis putra favorit.

Sebagai informasi, Team Europe yang dikomandoi Bjorn Borg sampai saat ini masih berstatus tidak terkalahkan, usai meraih kemenangan di tiga edisi Laver Cup sebelumnya, yakni Praha 2017, Chicago 2018, dan Jenewa 2019.

Lalu bagaimana dengan Boston 2021? Tentu masing-masing tim bakal diisi nama-nama beken di dunia tenis, namun sayang edisi kali ini tidak akan dimeriahkan para anggota big 3 (Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic).