Profil Tim Piala Sudirman 2021: Tahiti, Debut Tim Antah Berantah dari Oceania

Kamis, 23 September 2021 13:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© www.oceanianoc.org
Tahiti menjadi salah satu negara peserta Piala Sudirman 2021. Copyright: © www.oceanianoc.org
Tahiti menjadi salah satu negara peserta Piala Sudirman 2021.

INDOSPORT.COM – Tahiti menjadi salah satu negara peserta Piala Sudirman 2021. Berikut ini profil negara peserta Piala Sudirman 2021, Tahiti.

Turnamen lambang supremasi bulutangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2021, akan segera bergulir tepatnya pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Awalnya, kota Suzhou, China ditunjuk sebagai tuan rumah. Namun peraturan ketat pemerintah China terkait pandemi COVID-19, tidak memungkinkan turnamen digelar di sana.

Alhasil, BWF memutuskan menunjuk kota Vantaa, Finlandia, menggantikan China sebagai tuan rumah turnamen dua tahunan ini.

Piala Sudirman 2021 sendiri akan menjadi turnamen ke-17 ajang bergengsi ini sejak pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989.

Bila dibandingkan dengan edisi sebelumnya yang mengundang 32 kontestan, pada edisi kali ini hanya akan ada 16 tim yang bertanding dan terbagi ke dalam empat grup berbeda.

Tahiti termasuk salah satu dari 16 tim yang bertanding itu. Mereka tergabung di grup B bersama dengan Chinese Taipei, Korea  Selatan dan Jerman.

1. Rekam Jejak

Tahiti, yang merupakan bagian dari Badminton Oceania, awalnya berstatus tim cadangan kedua di belakang Finlandia yang jadi prioritas karena statusnya sebagai tuan rumah Piala Sudirman.

Kedua negara ini akhirnya mendapatkan lampu hijau masuk ke undian utama kompetisi setelah dua negara unggulan, yakni Prancis dan Australia, kompak mengundurkan diri.

Tahiti bukan satu-satunya tim Oceania yang diundang ke Piala Sudirman. Setelah Australia mundur, ada Selandia Baru, runner up di VICTOR Oceania Men's and Women's Team Championships 2020, yang ditawari masuk.

Namun, Selandia Baru menolak karena ketidakmampuan finansial akibat pandemi COVID-19.

Tahiti diundang setelah tim ini berhasil memenangkan medali perunggu Samoa Pacific Games 2019 dan finisher ketiga dan keempat di VICTOR Oceania Men's and Women's Team Championships 2020.

Dengan Tahiti tidak memiliki peraturan pembatasan perjalanan, dan beberapa pemain yang mereka usulkan saat ini tinggal di Prancis, maka negara ini pun bersedia menerima tawaran ke Piala Sudirman.

Tahiti hanya pernah berlaga di Kejuaraan Beregu Campuran Dunia satu kali sebelumnya, ketika turnamen tersebut digelar di Gold Coast pada 2017.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%