Ville Lang, Pebulutangkis Garang Finlandia yang Dapat Penghargaan BWF

Jumat, 24 September 2021 19:59 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Tuan rumah Piala Sudirman 2021, Finlandia, bakal menjadi sorotan para pencinta bulutangkis dunia. Meski belum terlalu dikenal, ternyata Finlandia memiliki mantan pemain yang memberikan sumbangsih banyak untuk Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), yakni Ville Lang.

Pria berusia 36 tahun ini menjadi pebulutangkis profesional selama sepuluh tahun. Torehan terbaiknya adalah lolos ke Olimpiade 2008 dan 2012, meraih perunggu di kejuaraan beregu Eropa, dan mengoleksi 16 gelar internasional.

Di negerinya sendiri, ia menjadi juara nasional selama 10 tahun berturut-turut. Ia juga pernah bercokol di peringkat 21 dunia sebagai catatan terbaiknya.

Ville Lang dikenal sebagai sosok yang terlihat garang di lapangan, apalagi ketika memutuskan untuk menumbuhkan berewoknya yang tebal.

Dalam podcast HK Vittinghus, Lang memang mengakui itu adalah triknya untuk membuat lawan terintimidasi.

“Tentu saja saya suka terlihat setidaknya lebih garang dibanding lawan, karena saya bukanlah pemain yang paling cepat atau punya banyak stamina,” ungkapnya.

“Saya memang mencoba menjadi karakter yang mengintimidasi, dan itu berhasil saat melawan pemain yang lebih muda. Mereka terlihat takut pada saya.”

Ville Lang lantas mengakui dirinya memang bukan pemain paling bagus, tetapi ia senang menjadi ‘showman’ atau menjadi pusat perhatian di atas lapangan.

Mungkin itu salah satu alasannya juga ketika ia pernah mejeng di sebuah program televisi Finlandia, berjudul Survivor pada 2018 lalu.

Acara tersebut terdiri dari 16 kontestan terkenal dari berbagai latar belakang dan dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok harus saling mengalahkan untuk mendapatkan hadiah utama. Namun Ville Lang belum beruntung dan menjadi peserta pertama yang gugur.