Imam Teguh Santoso, Pelatih Bulutangkis Finlandia Asal Indonesia

Sabtu, 18 September 2021 17:01 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Instagram/Imam Teguh Santoso
Imam Teguh Santoso, pelatih bulutangkis Finlandia asal Indonesia. Copyright: © Instagram/Imam Teguh Santoso
Imam Teguh Santoso, pelatih bulutangkis Finlandia asal Indonesia.

INDOSPORT.COM – Setidaknya saat ini ada lebih dari 10 orang Indonesia yang melatih bulutangkis di negara lain. Di Olimpiade Tokyo 2020 saja, ada Flandy Limpele yang sukses mengantarkan ganda putra Malaysia meraih medali perunggu.

Kemudian ada Muamar Qadafi yang bikin kejutan dengan membawa Kevin Cordon mencapai semifinal Olimpiade, sebuah sejarah baru untuk bulutangkis Guatemala.

Selain mereka berdua, ada pula Imam Teguh Santoso yang mendampingi para atlet bulutangkis Finlandia di pesta olahraga empat tahunan tersebut. Negara ini akan menjadi sorotan, karena dipercaya berperan sebagai tuan rumah Piala Sudirman 2021 nanti.

Imam Teguh Santoso mulai melatih di klub Finlandia bernama Espoo Sulkapallo-Badminton (ESB) sejak 2009. Espoo sendiri adalah sebuah kota yang terletak di bagian selatan Finlandia dengan sekitar 227 ribu penduduk.

Mengutip laman Sulkapallo.org, sebelum ke Finlandia, Teguh merupakan pelatih Timnas Indonesia. Kemudian Teguh sukses membawa klub ESB menjadi juara nasional dalam dua tahun berturut-turut. Tak heran jika ketika itu, ia juga dipercaya untuk mengasah para atlet nasional jelang Olimpiade Rio 2016.

Laman tersebut juga menyebut bahwa tim Indonesia punya lebih dari 100 pemain dan 20 pelatih, artinya setiap pelatih menangani lima pemain. Sementara di Finlandia, perbandingannya lebih baik yakni satu pelatih untuk empat pemain.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%