Banyak Orang Indonesia Melatih Bulutangkis di Luar Negeri, Ini Kata Eng Hian

Sabtu, 18 September 2021 15:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Ben Radford/Getty Images
Eng Hian/Flandy Limpele Copyright: © Ben Radford/Getty Images
Eng Hian/Flandy Limpele

INDOSPORT.COM – Bakat bulutangkis di Indonesia tak hanya berlimpah ruah dalam hal atlet, tetapi juga dalam soal pelatih. Sekarang setidaknya lebih dari 10 orang Indonesia melatih bulutangkis di luar negeri.

Ketika mereka membawa atlet masing-masing juara, ada saja pecinta bulutangkis tanah air yang mempersoalkan nasionalisme sang pelatih.

Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, pun turut buka suara soal rekan-rekannya yang banyak berkarier di luar negeri. Ia menjelaskan mengapa banyak dari mereka yang memilih untuk melatih atlet-atlet negara lain.

“Semua ingin melatih di negara mereka sendiri. Namun, jumlah pelatih di tim nasional terbatas. Kami masih harus mencari penghidupan untuk keluarga dan lain-lain. Bagi saya, pelatih bisa bekerja di mana pun karena sekali lagi, kesempatan untuk melatih tim nasional terbatas,” tuturnya bijak kepada Badminton Asia.

“Jadi jika kami bertemu di lapangan dan mereka melatih negara lain, itu oke-oke saja karena itulah pekerjaan kami. Kami punya kebutuhan dan pekerjaan yang harus kami lakukan sesuai dengan kapasitas kami,” lanjutnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%