Jelang Piala Sudirman 2021, Posisi Kento Momota di Peringkat 1 Dunia Terancam!

Sabtu, 18 September 2021 15:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© @bwfmedia
Kento Momota tertunduk setelah tersingkir dari Olimpiade 2020 usai dikalahkan wakil Korea Selatan, Heo Kwang-hee, dua set langsung, Rabu (28/07/21) malam WIB. Copyright: © @bwfmedia
Kento Momota tertunduk setelah tersingkir dari Olimpiade 2020 usai dikalahkan wakil Korea Selatan, Heo Kwang-hee, dua set langsung, Rabu (28/07/21) malam WIB.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal Jepang, Kento Momota, terancam tergusur dari posisinya sebagai tunggal putra no. 1 dunia selama penampilannya di Piala Sudirman 2021.

Seperti diketahui, Momota baru kembali beraksi di turnamen setelah istirahat satu tahun di All England pada Maret 2021 lalu. Namun, pemain berusia 27 tahun itu kalah dari Lee Zii Jiia di perempat final.

Momota sejatinya diharapkan mempersembahkan medali emas pertama untuk Jepang di Olimpiade Tokyo. Namun, tekanan yang begitu besar membuatnya justru gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Kini, Momota akan kembali diandalkan sebagai kapten yang memimpin tim Jepang di Piala Sudirman 2021 yang akan digelar 26 September – 3 Oktober di Vantaa, Finlandia mendatang.

Ajang ini sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi Momota sebagai salah pebulutangkis mematikan setelah gagal di dua turnamen sebelumnya.

Lebih dari itu, Momota mungkin terancam kehilangan posisinya di peringkat 1 dunia versi BWF jika dirinya gagal tampil apik selama Piala Sudirman.

Absen lama akibat kecelakaan di Kuala Lumpur dan pandemi COVID-19, Momota rupanya masih mampu mempertahanakan posisinya di peringkat 1 dunia selama hampir tiga tahun, sejak 20 September 2018.

Namun, menurut data di laman resmi BWF, mantan juara dunia tunggal putra yang mengantongi 109.118 poin di peringkat 1, hanya unggul 5.332 poin dari pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen.

Viktor Axelsen, yang memenangkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut saat ini memang membuntuti Momota di peringkat kedua dunia BWF.