Legenda Eddy Kurniawan Samakan Anthony Ginting dan Jonatan Christie dengan Icuk Sugiarto

Kamis, 30 September 2021 19:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis tunggal putra, Eddy Kurniawan samakan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, dengan sosok Icuk Sugiarto.

Eddy Kurniawan menjadi bintang tamu dalam program Ngulik Piala Sudirman di Youtube PB Djarum. Ia melihat kans di sektor tunggal putra cukup berpeluang.

Namun, pelatih harus jeli, kapan memainkan Anthony Ginting dan kapan menurunkan Jonatan Christie. Strategi ini bisa dilakukan jika Indonesia sudah mengetahui lawannya.

Jika tidak jeli, maka seperti yang terjadi baru-baru ini, Jonatan Christie alias Jojo takluk dari Brian Yang (Kanada), dan Ginting juga kalah dari Anders Antonsen (Denmark).

Eddy Kurniawan pun membandingkan saat era 80-an, ketika ia dan Icuk Sugiarto masih mendominasi sektor tunggal putra, bahkan ikut mengangkat trofi Piala Sudirman 1989.

"Kalau kans, tergantung ketemu siapa, nanti pelatih akan lebih tahu, karena dua orang ini (Jojo dan Ginting) mainnya tergantung ketemu siapa yang lebih enak," ucap Eddy.

"Contohnya, kalau kita ngomong dulu, Icuk sama Yang Yang, kalau ketemu, Icuk banyak kalahnya. Morten Frost ketemu Icuk, Morten Frost banyak kalahnya. Kalau saya ketemu Yang Yang, saya sering menang," lanjutnya.

Meski Jonatan Christie dan Anthony Ginting sempat kalah, namun berkat kerja keras tim, Indonesia akhirnya melaju ke perempat final sebagai juara Grup C Piala Sudirman 2021.