Prediksi Line Up Indonesia vs Malaysia di Piala Sudirman: Waspadai Sektor Putra

Jumat, 1 Oktober 2021 12:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Indonesia vs Malaysia di Piala Sudirman. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Indonesia vs Malaysia di Piala Sudirman.

INDOSPORT.COM – Indonesia akan bertemua dengan musuh bebuyutannya Malaysia di babak delapan besar Piala Sudirman 2021. Berikut ini prediksi susunan pemainnya.

Sesuai dengan hasil drawing babak 8 besar, Indonesia yang berstatus sebagai juara Grup C dipertemukan dengan Malaysia yang merupakan runner-up Grup D.

Ini merupakan pertemuan yang ke-27 kalinya antara Indonesia dan Malaysia di tiga turnamen major dengan format beregu, yakni Piala Thomas, Piala Uber, dan Piala Sudirman.

Di dalam 26 pertemuan sebelumnya, Indonesia sudah mengantongi 21 kemenangan atas Malaysia, sedangkan tim Negeri Jiran baru lima kali menang melawan Indonesia.

Rionny Mainaky, selaku Kabid Binpres PP PBSI, Indonesia dipastikan akan menurunkan skuat terbaiknya ketika menghadapi Malaysia.

“Saya yakin anak-anak bisa tampil maksimal dengan kekuatan kita. Di semua sektor, kita akan menampilkan kekuatan indi dan terkuat,” ujar Rionny Mainaky mengutip dari rilis PBSI.

“Saya berharap semua pemain bisa main maksimmal seperti kemarin saat melawan Denmark,” sambungnya.

Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa sejumlah pemain papan atas Indonesia akan diturunkan menghadapi skuat Malaysia yang didominasi pemain muda.

Namun, menilik dari kekuatan skuat Malaysia saat ini, Hendra Setiawan dkk tentu wajib mewaspadai sektor tunggal dan ganda putra lawannya.

Pada dua sektor ini, Malaysia kemungkinan besar menurunkan juara All England Lee Zii Jia dan peraih perak Olimpiade Tokyo Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Indonesia punya dua andalan di tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting yang berperingkat 5 dunia dan Jonatan Christie dengan peringkat 7 dunia.

Namun, Ginting memiliki catatan  head-to-head yang lebih unggul atas Lee Zii Jia bila dibandingkan Jonatan.  Dari tiga pertemuan, Anthony Ginting selalu menang.

Sementara pada ganda putra, Indonesia sudah memainkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya di tiga partai fase grup sebelumnya. Apakah kini giliran sang kapten Hendra Setiawan dan pasangannya Mohammad Ahsan yang akan bermain.

Hendra/Ahsan kemungkinan akan diturunkan dan bersua Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Sejauh ini, Hendra/Ahsan unggul dengan tujuh kemenangan berbanding dua atas Aaron/Chia.

Namun, di pertemuan terakhir tercipta di perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, pasangan nomor 2 dunia itu tumbang rubber game dari pasangan Malaysia.