In-depth

Mulai Kalahan, Sudah Saatnya Kevin/Marcus Dipisah?

Sabtu, 2 Oktober 2021 17:13 WIB
Editor: Juni Adi
© NOC Indonesia
Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon, ganda putra Indonesia. Copyright: © NOC Indonesia
Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon, ganda putra Indonesia.

INDOSPORT.COM - Ganda putra andalan Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, saat ini tengah mengalami penurunan performa usai kalah di Piala Sudirman 2021  Apakah sudah saatnya mereka dipisah?

Hasil mengejutkan ditorehkan tim Indonesia saat tampil di Piala Sudirman 2021 yang digelar di Energia Areena, Finlandia.

Lolos dari babak penyisihan dengan status juara grup C, langkah Indonesia harus terhenti di babak perempatfinal oleh Malaysia, pada Jumat (01/10/21) kemarin. 

Bermain di Energia Areena, Malaysia unggul dengan skor 3-2 atas Indonesia. Praktis tim Negeri Jiran lolos ke babak semifinal dan akan bertemu dengan Jepang pada Sabtu (02/10/21).

Kekalahan Indonesia diawali dari takluknya pasangan ganda putra andalan Merah Putih, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dari pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi dengan skor telak 12-21, 15-21.

Bahkan Kevin/Marcus sudah tertinggal jauh dari pasangan Chia/Yik sejak gim pertama, dengan selisih keunggulan 8-3.

Usaha Kevin/Marcus untuk memangkas jarak cuma menambah dua poin sebelum interval berakhir dengan skor 5-11 untuk keunggulan Chia/Yik.

Setelah jeda, Kevin/Marcus mencoba bangkit dengan mengubah tempo permainan. Akan tetapu Chia/Yik tidak terbawa dan tetap berada di atas angin dengan menambah poin demi poin.

Hingga gim pertama berakhir, Chia/Yik tak bisa dikejar dan unggul 12-21. Performa apik yang ditunjukan oleh pasangan ganda putra terbaik Malaysia itu berlanjut di gim kedua. 

Mereka mampu mengejar ketertinggalan dari Kevin/Marcus 6-8 menjadi 9-11. Hingga akhirnya mereka berbalik unggul dan menyudahi gim kedua dengan skor 15-21.

"Harus diakui lawan hari ini bermain lebih baik dari kami. Defense-nya kuat dan susah ditembus," ujar Marcus.

"Harus diakui lawan bermain lebih baik dari kami. Mereka bermain bagus. Itu saja, tidak ada alasan lain kenapa kami kalah," timpal Kevin.

Hasil tersebut membuat Malaysia memimpin dengan skor 1-0. Indonesia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tunggal putrinya, Gregoria Mariska Tunjung mengalahkan Kison Selvaduray 20-22, 21-18, 19-21.

Malaysia kembali unggul 2-1 usai tunggal putranya, Lee Zii Jia mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting dengan skor 21-11, 21-16. 

Kemudian Indonesia kembali menyamakan kedudukan lewat kemenangan pasangan ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu atas pasangan Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan 20-22, 21-17, 18-21.

Sayang, di laga penentu Indonesia gagal merebut kemenangan karena pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kalah dari pasangan Hoo Pang Ron/Cheah Yee See dengan skor 21-19, 09-21, 21-16.