Apa Kabar Rudy Gunawan? Legenda Ganda Putra Terbaik Partner Eddy Hartono

Minggu, 3 Oktober 2021 18:29 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© beritagar.id
Legenda ganda putra Indonesia, Rudy Gunawan/Eddy Hartono. Copyright: © beritagar.id
Legenda ganda putra Indonesia, Rudy Gunawan/Eddy Hartono.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Rudy Gunawan? Mantan pebulutangkis ganda putra Indonesia yang berpasangan dengan Eddy Hartono, dan sukses menyabet Piala Sudirman 1989.

Selain menyabet satu-satunya trofi Piala Sudirman 1989 untuk Indonesia, Koh Gun juga tercatat tiga kali memperkuat tim di Piala Thomas edisi 1992, 1994, dan 1996.

Pasangan Rudy Gunawan/Eddy Hartono meraih medali perak Olimliade Barcelona 1992. Sedangkan di Olimpiade Atlanta 1996, mereka harus tumbang di babak 16 besar.

Menyandang status sebagai ganda putra terbaik pada masanya, lantas, apa kabar Rudy Gunawan saat ini?

Saat menjadi bintang tamu dalam program Ngulik Piala Sudirman di kanal Youtube PB Djarum, Rudy Gunawan mengaku saat ini menetap di Los Angeles, Amerika Serikat.

Tak bisa lepas dari dunia bulutangkis, Koh Gun akhirnya mulai merintis sebuah klub bulutangkis di Los Angeles, sejak pertama kali ia menetap di Amerika, 20 tahun lalu.

"Kegiatannya dulu pas sebelum Covid-19, kita punya klub namanya Rudy Gunawan Badminton Club," ungkap Rudy melalui video yang diunggah pada Sabtu (02/10).

"Perkembangan klubnya cukup bagus sih, siswanya hampir 60-an, belum lagi yang private. Cuma sesudah Covid-19, semuanya langsung berhenti," curhat Rudy Gunawan.

Anak Asuhnya Tembus Olimpiade

Meski bulutangkis bukan olahraga yang populer di Benua Amerika, namun Rudy Gunawan serius membina anak asuhnya, hingga ada yang menembus Olimpiade.

"Saya pegang anak buah, Phillip Chew sama Ryan Chew, terutama Phillip ikut dua kali Olimpiade. Pas pulang waktu Indonesia Open, saya bawa Phillip juga," lanjutnya.

Ya, meski jarang pulang ke Tanah Air, tapi Rudy Gunawan mengaku tetap mengingat kenangannya di tanah kelahiran. Bahkan, sosok 54 tahun itu fasih berbahasa Jawa.

"Kurang lebih 20 tahun saya di Amerika, di Los Angeles, justru Bahasa Jawa saya yang makin maju, daripada bahasa Inggris saya," pungkas Rudy Gunawan sembari tertawa.

Rudy Gunawan mencapai masa keemasan di era akhir 1980-an hingga 1990-an. Kala itu, ia dan Eddy Hartono menjadi andalan ganda putra di banyak ajang bulutangkis internasional.