Kalah di Final Piala Sudirman, Ganda Putri Jepang Dibekap Cedera

Senin, 4 Oktober 2021 16:16 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© zimbio.com
Pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara tak diduetkan dalam perhelatan Piala Sudirman 2021. Copyright: © zimbio.com
Pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara tak diduetkan dalam perhelatan Piala Sudirman 2021.

INDOSPORT.COM – Bertanding di Energia Areena, kekalahan ganda putri Jepang menandai kemenangan China untuk merebut gelar juara di Piala Sudirman 2021.

Pada Minggu (03/10/21) pukul 17.00 WIB, Jepang punya kesempatan balas dendam setelah dikalahkan China pada Piala Sudirman 2015.

Sayangnya, Jepang gagal merebut poin dari partai pertama di ganda putra. Yugo Kobayashi/Takuro Hoki yang tampil gemilang di babak sebelumnya ternyata ditumbangkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 17-21, 21-14, 16-21.

Asa Jepang terajut kala Akane Yamaguchi berhasil menumbangkan juara Olimpiade Tokyo, Chen Yu Fei dengan skor 21-19, 21-16.

Kento Momota yang diharapkan bisa membalikkan keadaan ternyata tak mampu berbicara banyak. Dia dikalahkan Shi Yuqi dengan skor 13-21, 21-8, 12-21.

Sebagai partai hidup mati, ganda putri Jepang tak menurunkan pasangan terbaiknya, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Jepang justru mengkombinasikan Mayu Matsumoto bersama Misaki Matsutomo untuk menghadapi peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Sayangnya, racikan baru Jepang ini tak bisa menghantarkan Jepang untuk memperpanjang napas setidaknya sampai partai kelima dipertandingan.

Ganda putri “Matsumatsu” kalah dua set langsung dengan skor 17-21, dan 16-21. Kekalahan itu sekaligus membawa China meraih gelar ke-12 kali dalam kejuaraan Piala Sudirman.

Namun selepas itu, banyak pertanyaan mengapa ganda peringkat dua dunia Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara tak pernah diturunkan di Piala Sudirman 2021?

Memang, sejak Piala Sudirman 2021 bergulir, praktis Jepang hanya menurunkan Nami Matsuyama/Chiharu Shida serta Misaki Matsutomo/Mayu Matsumoto di sektor ganda putri.

Pada Senin (27/09/21), Matsuyama/Shida diturunkan kontra Mesir, berlanjut pada Selasa (28/09/21) kontra Inggris, dan  Kamis (30/09/21) kontra Malaysia,

Sementara sejak babak perempat final hingga final, ganda “Matsumatsu” diturunkan dan baru kalah pada saat final melawan China.

Melansir Nikkan Sports, ternyata Wakana Nagahara sedang mengalami cedera pada bahunya yang membuatnya tidak bertanding selama Piala Sudirman 2021.

Sementara Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang tampil baik selama babak penyisihan grup ternyata baru mengalami cedera pada engkel kirinya.

Sontak, memasangkan Misaki Matsutomo dan Mayu Matsumoto adalah langkah terbaik yang diambil. Terlebih mereka adalah pemain yang sarat pengalaman dengan beragam gelar.

Bersama Ayaka Takashi yang telah pensiun, Misaki Matsutomo berhasil menjadi kampiun di Olimpiade Rio 2016. Sementara Mayu Matsumoto bersama Wakana Nagahara meraih beragam gelar penting, seperti juara All England 2021.