Piala Sudirman 2021: Tumbangkan Indonesia dan Lolos Semifinal, Skuat Muda Malaysia Banjir Pujian

Selasa, 5 Oktober 2021 13:49 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© Naomi Baker/Getty Images
Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia

INDOSPORT.COM – Skuat muda Malaysia langsung dibanjiri pujian usai mampu menumbangkan Indonesia dan berhasil lolos ke babak semifinal Piala Sudirman 2021.

Perjuangan Indonesia di ajang Piala Sudirman yang berlangsung pada 26 September – 3 Oktober 2021 dipaksa berhenti di babak perempat final usai kalah atas Malaysia dengan skor 2-3.

Kekalahan tim Tanah Air tentu mengejutkan banyak pihak, mengingat Indonesia menurunkan kekuatan penuh dengan menampilkan para pemain senior, sedangkan tim Negeri Jiran didominasi oleh para pemain muda.

Kemenangan Malaysia atas Indonesia pun menuai banjir pujian, salah satunya ialah Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) yang langsung memberikan komentar positif kepada Lee Zii Jia dkk melalui laman resminya.

Salah satu pujian yang dilayangkan oleh BWF untuk skuat muda Malaysia berbunyi “Wonderkid Malaysia Buat Deretan Bintang Indonesia Tak Berdaya”.

Bahkan BWF juga mengatakan bahwa nama besar Indonesia hancur berantakan karena skuat muda negeri tetangga mampu menunukkan tekad yang luar biasa, dan menghadapi tekanan terus-menerus yang dibeikan oleh tim Tanah Air.

Kekalahan Indonesia juga membuat Malaysia akhirnya bisa berada di babak semifinal Piala Sudirman untuk pertama kalinya sejak 2009 silam.

Meski akhirnya harus kembali kalah atas Jepang dan gagal lolos ke babak final, namun Wong Choong Hann selaku pelatih kepala skuat Malaysia tetap memberikan pujian setinggi langit kepada skuat mudanya.

“Ini kemenangan besar bagi para pemain muda, hal gila bagi kami karena sudah lama tak masuk semifinal. Pemain kami mampu membuat kami bangga, mereka berjuang untuk setiap poinnya, hal jauh lebih menyenangkan karena kami keluar sebagai pemenang.

“Perjalanan memang masih panjang dan banyak yang harus dipahami. Kami akan terus berjuang dan mengambil setiap kesempatan. Begitulah cara kami bisa berkembang dan mengejar tim terbaik dunia,” kata Wong Choong Hann, usai Malaysia tersingkir di Piala Sudirman 2021.