Sering Kalahan Usai Cedera, Pebulutangkis India Butuhkan ini Jelang Piala Thomas 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 10:07 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Olympics
Pebulutangkis India, Sai Praneeth, sangat ingin mendapatkan beberapa kemenangan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dirinya jelang Piala Thomas. Copyright: © Olympics
Pebulutangkis India, Sai Praneeth, sangat ingin mendapatkan beberapa kemenangan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dirinya jelang Piala Thomas.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis India, Sai Praneeth, sangat ingin mendapatkan beberapa kemenangan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dirinya jelang Piala Thomas 2020.

Turnamen beregu putra itu dijadwalkan pada 9 hingga 17 Oktober 2021  di Aarhus, Denmark. Sayangnya, Sai Praneeth masih harus berjuang dengan cedera di punggungnya yang dia alami sebelum berangkat ke Olimpiade Tokyo.

"Saya mengalami sakit punggung hanya empat hari sebelum Olimpiade karena kelebihan beban, jadi saya bermain dengan sedikit rasa sakit,”

“Tetapi itu bukan alasan mengapa saya kalah. Saya kalah sebagian besar karena tekanan," ucap Sai Praneeth melansir laman First Post.

Diketahui, Sai Praneeth pernah mencapai ranking 10 besar di tahun 2019, sebelum akhirnya sempat mengalami cedera di tahun 2020 yang membuat rankingnya menurun.

Padahal di masa gemilangnya, dia mendapat beragam gelar prestisius seperti medali perunggu kejuaraan dunia 2019 dan runner up Swiss Open 2019.

Sai Praneeth juga digadang-gadang menjadi ganda terbaik kedua India setelah Kidambi Srikanth yang pernah bersinar sebagai tunggal putra peringkat satu dunia.

Kendati demikian, dia telah pulih cedera dan mendapatkan kesempatan tampil di Olimpiade Tokyo. Namun sayangnya, ada cedera baru yang datang.

Sedikit banyak cedera itu membuat terganggu penampilannya, dan membuatnya tak pernah meraih kemenangan di fase grup Olimpiade Tokyo.

Atlet 29 tahun itu juga mengalami kekalahan dalam satu-satunya pertandingan tunggal yang dimainkannya di Piala Sudirman 2021 di Vantaa, Finlandia.

Menghadapi Shi Yuqi, Sai Praneeth terlalu mudah dikalahkan dengan skor 21-10, 21-10 pada Senin (29/09/21).  India juga akhirnya menderita kekalahan 0-5 dalam laga penyisihan Grup A.

Sebagai tunggal putra terbaik kedua India, Sai Praneeth menanggapi kekalahannya jelang turneman penting Piala Thomas pekan depan.

"Saya berlatih dengan baik tetapi saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi di lapangan. Saya hanya perlu beberapa kemenangan untuk mendapatkan kepercayaan diri itu kembali menjelang acara-acara penting," sambungnya.

Tergabung di Grup C bersama China, Belanda, dan Tahiti, tentu tim India di Piala Thomas punya peluang untuk meraih dua posisi terbaik.

Dia pun berupaya sekeras mungkin untuk mengembalikan kondisi fisik dan mentalnya menjelang padatnya turnamen penting di akhir tahun itu.

"Saya baik-baik saja sekarang, tetapi saya harus terus melakukan latihan penguatan untuk punggung saya, bekerja keras pada permainan saya. Jadi saya sangat membutuhkan beberapa kemenangan,” pungkasnya.

Kejuaraan bulutangkis beregu Piala Thomas 2020 akan mulai digelar pada 9 Oktober 2021 - 17 Oktober 2021. Sai Praneeth bersama tim India tergabung ke dalam Grup C yang juga dihuni China, Belanda, dan Tahiti.