Hasil Piala Uber 2020: Nita/Putri Tumbang, Indonesia 0-4 Jepang

Selasa, 12 Oktober 2021 21:57 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Yosef Bayu Anangga
© badmintonindonesia.org
Putri Syaikah dan Nita Violina Marwah dikalahkan Yuki Fukushima/Arisa Higashino dalam laga penentuan juara grup A Piala Uber 2020 Copyright: © badmintonindonesia.org
Putri Syaikah dan Nita Violina Marwah dikalahkan Yuki Fukushima/Arisa Higashino dalam laga penentuan juara grup A Piala Uber 2020

INDOSPORT.COM - Nita Violina Marwah/Putri Syaikah tumbang, Jepang perlebar keunggulan 0-4 atas dalam laga terakhir penentuan juara  Grup A Piala Uber 2020.

Nita/Putri dikalahkan ganda putri racikan baru Yuki Fukushima/Arisa Higashino dengan skor  9-21, 10-21 di Ceres Arena Court 2, Aarhus, Denmark, Selasa (12/10/21) malam WIB.

Sejak awal pertandingan, Nita/Putri yang berperingkat 52 dunia itu tertekan dengan pemain berpengalaman dari Jepang itu. Sebaliknya, Yuki Fukushima/Arisa Higashino tampak on fire dalam laga debut mereka sebagai pasangan ganda putri.

Alhasil Jepang unggul cukup jauh 0-7. Indonesia baru mampu meraih poin dari hasil rally panjang yang terjadi.  Namun setelahnya, pasangan jepang begitu dominan mengontrol pertandingan hingga unggul 1-11.

Saat jeda set pertama, pelatih Eng Hian sempat menginstruksikan agar pasangan ganda putri muda asal Indonesia itu tidak terlalu mengikuti pola permainan lawan.

Agaknya, nasihat Eng Hian langsung diakomodir oleh Nita/Putri yang lebih berani menyerang dan melakukan variatif serangan.  Dalam ritme yang lebih cepat, Nita/Putri mampu meraih 4 poin beruntun.

Pada kedudukan 5-13, Yuki Fukushima sempat melakukan protes kepada wasit karena mengira shuttle cock dari Nita tidak menyeberang net. Meskipun protes itu ditolak wasit.

Setelahnya, karena jarak skor yang cukup jauh, Nita/Putri harus menyerah pada skor 9-21. Memasuki set kedua, permainana menjadi lebih sengit.

Permainan rally mewarnai jalannya set kedua. Skor  6-9 terjadi, sebelum akhirnya menjadi 7-11.Separuh akhir, Eng Hian menginstruksikan agar Nita/Putri tak menyerah.

Namun sayangnya, Nita/Putri belum beruntung setelah takluk 9-21, 10-21. Hasil akhir pertandingan adalah  9-21, 10-21  dalam durasi pertandingan selama  44 menit.