Belum Kembali ke Puncak, Kento Momota: Saya Harus Mulai dari Nol Lagi

Jumat, 15 Oktober 2021 16:15 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Prio Hari Kristanto
© @bwfmedia
Kento Momota tertunduk setelah tersingkir dari Olimpiade 2020 usai dikalahkan wakil Korea Selatan, Heo Kwang-hee, dua set langsung, Rabu (28/07/21) malam WIB. Copyright: © @bwfmedia
Kento Momota tertunduk setelah tersingkir dari Olimpiade 2020 usai dikalahkan wakil Korea Selatan, Heo Kwang-hee, dua set langsung, Rabu (28/07/21) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Kento Momota, tunggal putra terbaik Jepang, membalaskan dendamnya kepada Lee Zii Jia, wakil Malaysia, di partai pamungkas Grup D Piala Thomas 2020 pada Kamis (14/10/21) sore WIB. 

Dalam laga yang digelar di Ceres Arena, Denmark tersebut, Momota menang dengan skor 15-21, 21-12, 23-21 dalam waktu satu jam 20 menit. 

Kemenangan ini sekaligus membuat Momota membalas dendamnya di semifinal Piala Sudirman 2021 pekan lalu, di mana Momota kalah dari Lee Zii Jia dengan skor 20-22, 19-21. 

Menurut Momota, dirinya bisa menang atas tunggal putra terbaik Malaysia tersebut karena dirinya harus melupakan segala pengalaman sebelumnya, termasuk dengan ranking keduanya. 

Seperti yang diketahui, Momota sampai saat ini masih menjadi tunggal putra terbaik nomor satu dunia. Sedangkan, Zii Jia ada di peringkat delapan dunia. 

Dengan begitu, Kento Momota bisa lebih lepas bermain dan memulai semuanya dari nol kembali. Ia tidak melihat Zii Jia sebagai pemain yang lebih lemah, melainkan punya kekuatan yang setara dengannya. 

"Saya merasa bahwa semua pengalaman saya kembali ke nol lagi. Jadi, saya harus memulai dari awal kembali," kata Momota, dikutip dari 360 Badminton

"Jadi, sekarang saya membangun kembali kejayaan itu satu per satu untuk menjadi pemain yang lebih baik lagi." 

Dalam pertarungan tersebut, Momota mengakui bahwa Zii Jia mampu merepotkannya. Akan tetapi, Momota kini bermain lebih sabar untuk menghadapi pemain 23 tahun tersebut.

"Dia (Zii Jia) melakukan banyak pukulan smash dan saya cenderung memainkan permainan rally. Saya juga bermain lebih sabar sekarang," ungkap pemain 27 tahun tersebut.

Berkat kemenangan ini, Momota berhasil menyumbangkan kemenangan pertama untuk Jepang atas Malaysia. 

Setelah unggul 1-0, Jepang terus memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 berkat kemenangan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, ganda putra Jepang, atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 21-13, 21-13.

Lalu, Kanta Tsuneyama mengikuti jejak Momota di nomor tunggal dengan menang atas Cheam June Wei lewat permainan straight game dengan skor 22-20, 21-13.

Kemenangan ganda putra Jepang juga kembali terjadi saat Akira Koga/Yuta Watanabe sukses mengalahkan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dengan skor 21-10, 21-16.

Sayangnya, Jepang gagal menyapu bersih 5-0 di laga ini. Pasalnya, Kenta Nishimoto berhasil ditaklukkan oleh Leong Jun Hao dengan skor 19-21, 18-21. Dengan begitu, Jepang menang dengan skor total 4-1 atas Malaysia. 

Kemenangan ini membuat Jepang lolos ke babak perempat final Piala Thomas 2020 dengan status juara Grup D. Sedangkan, Malaysia juga lolos dengan predikat runner-up.